Laporkan Masalah

Pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan di Hotel Santika Manado

BINTORO, Henricus, Drs. Edi Prasetyo Nugroho, MBA

2003 | Tesis | Magister Manajemen

Perusahaan berusaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh karyawan dengan cara memotivasi karyawannya. Tetapi dibalik itu semua, karyawan juga menginginkan adanya penghargaan dari motivasi yang telah diberikan perusahaan kepada karyawannya. Karyawan tidak hanya ingin dimotivasi untuk mendapatkan suatu kepuasan belaka, melainkan juga kompensasi dari apa yang telah dilakukan terhadap perusahaan, jadi kepuasan yang diterima oleh karyawan akan meningkat. Karyawan mendambakan bahwa kinerja mereka akan berkorelasi dengan imbalan-imbalan pada kinerja karyawan. Contoh dari imbalan tersebut, meliputi kenaikan merit, promosi, imbalan- imbalan intrinsik seperti pengakuan dan peningkatan status. Nilai motivasional yang ingin dihasilkan dari insentif finansial akan dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginan karyawan meningkatkan pendapatan mereka. Beberapa karyawan dan keluarga mereka memiliki kebutuhan-kebutuhan yang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak uang dibandingkan yang lain dan karena fakta ini, akan mencurahkan upaya dan pengorbanan yang diperlukan agar mendapatkannya. Karena uang di dalam masyarakat kita masih dianggap sebagai salah satu ukuran pencapaian, nilainya sebagai motivator bakal dipengaruhi oleh tingkat kebutuhan akan pengakuan, untuk realisasi diri, dan untuk bentuk-bentuk pencapaian lainnya. Dengan demikian diharapkan, sistem kompensasi yang dijalankan oleh Hotel Santika Manado dapat memotivasi karyawan untuk dapat bekerja dengan baik, selain itu dengan adanya sistem kompensasi tersebut, dapat juga meningkatkan kinerja karyawan secara keseluruhan.

The establishment tries to fulfill the employee’s needs by the way of the motivation. But on the other hand, the employees like to have a compensation from the motivation the institution has given to them. Employees not only like to be motivated in order to achieve the sense of satisfaction, but to get also a compensation for their performance which is beneficial for the establishment, which will then stimulate the sense of satisfaction of the employees. Employees expect their labour capacity to correlate with the forms of compensation they receive from the organization. Employees have great expectations about compensation they get when a certain degree of performance is achieved. The establisment’s management evaluates and gives compensation. Some of those compensations are for instance, merit upgrading, promotion, intrinsic compensations such as achievement, certificate, and status upgrading. The motivational value desired from the financial incentive will be much influenced by the employees needs and desires to push up their income. Employees and their families need more and more money for their expenditure and for that reason they are prepared to do their utmost to achieve that goal. Because in our society money is still seen as a standard of achievement, its value as a motivator will be much influenced by the standard of the need for status, for self-realization and other such achievements. Based upon that opinion it is hoped the system of compensation which is applied by the Hotel Santika Manado will be able to motivate all its employees to perform maximally.

Kata Kunci : Manajemen Sumberdaya Manusia,Motivasi Kerja,Kompensasi, motivation, compensation

  1. Abstract_Henricus_Bintoro_Pengaruh_Kompensasi.pdf  
  2. Daftar_Isi_Henricus_Bintoro_Pengaruh_Kompensasi.pdf  
  3. Daftar_Pustaka_Henricus_Bintoro_Pengaruh_Kompensasi.pdf  
  4. Halaman_Judul_Henricus_Bintoro_Pengaruh_Kompensasi.pdf