Laporkan Masalah

Eksplorasi Peran Perawat dalam Penyampaian Berita Buruk Kepada Keluarga Pasien Kanker Anak : Studi Kualitatif

Hany Diniawati, Prof. Dr. Christantie Effendy, S.Kp.,M.Kes.; Martina Sinta Kristanti, S.Kep.,Ns.,M.N., Ph.D

2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang : Penyampaian berita buruk merupakan tanggung jawab dokter tetapi keluarga sering meminta penjelasan lanjutan perihal berita buruk kepada perawat karena perawat 24 jam merawat pasien. Peneliti ingin mengetahui apa saja peran perawat dalam proses penyampaian berita buruk.

Tujuan Penelitian : Untuk mengeksplorasi peran perawat dalam penyampaian berita buruk kepada keluarga pasien kanker anakdi ruang rawat inap anak di salah satu rumah sakit di Yogyakarta dari sudut pandang dokter, perawat, dan keluarga pasien

Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Metode pengambilan data dengan menggunakan wawancara terstruktur dengan panduan wawancara dan observasi. Partisipan terdiri dari 14 orang yang terdiri dari 3 dokter, 7 perawat dan 4 keluarga pasien. Analisis data menggunakan analisis tematik.

Hasil : Penelitian ini menemukan 2 tema yaitu proses pelaksanaan pemberian berita buruk dan peran perawat dalam pelaksanaan pemberian berita buruk. Proses pelaksanaan pemberian berita buruk meliputi keterlibatan nakes, keluarga, dan pasien remaja, kesiapan mental, kognitif dan ketrampilan  komunikasi perawat dalam pemberian berita buruk perawat, faktor pendukung, manfaat, reaksi pasien, keluarga dan perawat, hambatan penyampaian berita buruk dan pengambilan keputusan klinis dan dampak penyampaian berita buruk yang kurang optimal. Peran perawat dalam pelaksanaan pemberian berita buruk meliputi perawat mengedukasi tentang tindaklanjut perawatan sosial, dukungan sosial dan terapi supportif, perawat memberikan dukungan emosional, perawat memberikan dukungan informasi, perawat memberi dukungan perawat menganjurkan keluarga meningkatkan bonding ke anak, perawat memberi dukungan spiritual, perawat sebagai wakil dan pembela keluarga.

Background : Breaking bad news is the doctor's responsibility, but families often ask the nurse for further explanation regarding bad news because nurses care for patients 24 hours a day. Researchers want to know what role nurses play in the process of delivering bad news.

Research purposes :To explore the role of nurses in accompanying patients and families receiving bad news in the children's inpatient room at one of hospital in Yogyakarta from the perspective of doctors, nurses, and the patient's family

Method :This research uses qualitative research with an exploratory descriptive approach. The data collection method uses structured interviews with interview and observation guides. Participants consisted of 14 people consisting of 3 doctors, 7 nurses and 4 patient families. Data analysis uses thematic analysis.

Results : This research found 2 themes, namely the process of giving bad news and the role of nurses in giving bad news. The process of implementing bad news includes the involvement of health workers, families and teenage patients, mental readiness, cognitive and communication skills of nurses in giving bad news to nurses, supporting factors, benefits, reactions of patients, families and nurses, barriers to delivering bad news and clinical decision making and the impact of delivering bad news that is less than optimal. The role of nurses in providing bad news includes nurses educating about social care follow-up, social support and supportive therapy, nurses providing emotional support, nurses providing information support, nurses providing support, nurses encouraging families to increase bonding with children, nurses providing spiritual support, nurses as representatives. and family defender.

Kata Kunci : awal diagnosis, kanker anak, penyampaian berita buruk, peran perawat, childhood cancer, delivering bad news, initial diagnosis,the role of the nurse

  1. S1-2024-496622-abstract.pdf  
  2. S1-2024-496622-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-496622-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-496622-title.pdf