Analisis Fondasi Tiang Pancang pada Struktur Slab on Pile Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen
IVENA RIANI MANIKA, Dr.Eng. Ir. Sito Ismanti, S.T., M.Eng., IPM.
2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen merupakan salah satu
proyek strategis nasional yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan
meningkatkan efektivitas perjalanan. Pada jalan tol ini, terdapat jembatan slab
on pile yang menggunakan fondasi tiang pancang. Desain awal fondasi pada
jembatan ini menggunakan diameter 0,8 m dengan kedalaman 12 m. Tanah didominasi
oleh tanah lempung dan pasir. Berdasarkan rencana desain perlu diketahui
apakah desain tersebut sudah optimal dan memenuhi persyaratan atau belum. Oleh
karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kapasitas
dukung, defleksi lateral, dan penurunan pada fondasi tiang apabila diberi beban
aksial dan lateral dengan memperhitungkan beban layan dan ekstrem, serta
melakukan desain ulang fondasi apabila desain eksisting belum memenuhi
persyaratan.
Aspek yang ditinjau dalam penelitian ini adalah kapasitas
dukung, defleksi lateral tiang, dan penurunan tiang menggunakan metode teoritis
dan elemen hingga. Analisis kapasitas dukung fondasi menggunakan beberapa
metode teoritis untuk dibandingkan hasilnya. Sementara itu, analisis defleksi
lateral tiang dan penurunan fondasi dilakukan dengan menggunakan software RSPile.
Hasil analisis menunjukkan bahwa fondasi tiang pancang memiliki kapasitas dukung yang lebih besar dibandingkan beban rencana dan memenuhi persyaratan untuk penurunan tiang. Akan tetapi, desain eksisting tersebut belum memenuhi persyaratan dari segi defleksi lateral tiang. Berdasarkan analisis tersebut, diperlukan desain ulang ulang dengan mengoptimasi diameter dan jumlah tiang pancang. Desain optimasi fondasi tiang pancang yang dipilih yaitu tiang berdiameter 0,8 m berjumlah 6 tiang dengan kedalaman 12 m. Desain tersebut dipilih karena nilai kapasitas dukung izin, defleksi lateral tiang, dan penurunan tiang yang memenuhi persyaratan, serta volume yang paling sedikit dibandingkan dengan desain optimasi lain.
The Yogyakarta-Bawen
Toll Road Project is one of the national strategic projects that aims to reduce
congestion and increase travel effectiveness. On this toll road, there is a
slab on pile bridge that uses a pile foundation. The initial design of the
foundation on this bridge uses a diameter of 0.8 m with a depth of 12 m. The
soil is dominated by clay and sand. The soil is dominated by clay and sand.
Based on the design plan, it is necessary to know whether the design is optimal
and meets the requirements or not. Therefore, the purpose of this study is to
analyze the bearing capacity, lateral deflection, and settlement of the pile
foundation when given axial and lateral loads by taking into account service
and extreme loads, and to redesign the foundation if the existing design does
not meet the requirements.
The aspects reviewed in this
study are bearing capacity, pile lateral deflection, and pile settlement using
theoretical and finite element methods. The bearing capacity analysis of the
foundation uses several theoretical methods to compare the results. Meanwhile,
pile lateral deflection and foundation settlement analyses were conducted using
RSPile software.
The analysis results show that the pile foundation has a bearing capacity greater than the plan load and meets the requirements for pile settlement. However, the existing design does not meet the requirements in terms of pile lateral deflection. Based on this analysis, a redesign is required by optimizing the diameter and number of piles. The pile foundation optimization design chosen was 0.8 m diameter piles, 6 piles with a depth of 12 m. The design was chosen because of the permit bearing capacity value. The design was chosen because the values of permit bearing capacity, pile lateral deflection, and pile settlement meet the requirements, as well as the least volume compared to other optimization designs.
Kata Kunci : slab on pile, fondasi tiang pancang, kapasitas dukung, penurunan, defleksi, RSPile