Efektivitas Penggunaan Aplikasi Siswaskeudes Terhadap Kinerja Inspektorat Kabupaten Blora
KRISNA ANGELINA MAHA DEWI, Virga Dwi Efendi, S.H., LL.M.
2024 | Skripsi | ILMU HUKUM
Peningkatan besaran alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat dalam mengawal kemandirian pengelolaan keuangan desa. Optimalisasi peran Inspektorat Daerah menjadi ihwal yang memaksa mengingat keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya pemeriksa Inspektorat serta peningkatan kerugian negara akibat korupsi. Aplikasi Siswaskeudes hadir sebagai rekonstruksi sistem pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa untuk mencapai optimalisasi kinerja Inspektorat. Konektivitas yang simultan dengan Aplikasi Siskeudes sebagai database keuangan milik desa serta fitur yang ada di dalamnya ditujukan untuk mencapai peningkatan kualitas laporan hasil pemeriksaan dan kinerja Inspektorat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis-sosiologis yang dianalisis dengan metode kualitatif sehingga menghasilkan data yang deskriptif-analitis. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang berasal dari dokumen hukum, data penelitian, dan data hasil wawancara yang terdiri atas bahan hukum primer, sekunder, dan bahan non-hukum.
Terdapat dua kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini. Pertama, terdapat peningkatan kinerja Inspektorat Kabupaten Blora pasca digunakannya aplikasi sebagai alat pengawasan utamanya berkaitan dengan tersajinya peringkat sampling desa prioritas pemeriksaan secara objektif bersamaan dengan fitur dan format otomatis yang dihasilkan dan berkorelasi positif dengan perbaikan kualitas laporan hasil pemeriksaan. Kedua, penggunaan aplikasi Siswaskeudes sebagai tools pengawasan telah cukup efektif dalam meningkatkan kinerja pengawasan inspektorat sebab telah mencapai kesiapan SDM dan ketersediaan fitur-fitur yang mendukung pelaksanaan pengawasan berbasis elektronik. Namun, untuk mencapai validitas data audit, butuh penyempurnaan pada fitur digital aplikasi supaya fungsi e-audit aplikasi bisa berjalan lebih optimal.
The increase in the allocation of the Village Revenue and Expenditure Budget is a form of central government support in overseeing the financial management independence of villages. Role optimization of the Regional Inspectorate becomes imperative considering the limitations of human resources in the Inspectorate and rising state losses due to corruption. The Siswaskeudes Application was built to reconstruct the village financial management reporting and accountability system to optimize the Inspectorate’s supervisory performance. Simultaneous connectivity with the Siskeudes Application as the village’s financial database and its features are aimed at improving the quality of audit findings and Inspectorate’s performance in oversight.
This research is a type of sociological jurisprudence research. This study used primary and secondary data, which were analyzed with qualitative methods from legal documents, research data, and interview results comprising primary legal materials, secondary materials, and non-legal materials.
Two conclusions have been drawn from this research. First, there is an improvement in the Blora Regional Inspectorate’s supervisory performance due to application use, particularly to the objective presentation of priority village sampling rankings for examination, with the automatic features and formats generated, which correlate positively with the quality of audit findings. Second, the Siswaskeudes application has proven quite effective in improving the Blora Regional Inspectorate’s supervisory performance because it has achieved human resource readliness and features that support electronic audit implementation. However, to achieve audit data validity, the digital application features must be refined so that the e-audit application functions more optimally.
Kata Kunci : Inspektorat Daerah, Aplikasi Siswaskeudes, Kinerja Pengawasan