Laporkan Masalah

Strategi bersaing percetakan Gramedia untuk membangun keunggulan kompetitif dalam industri jasa percetakan media cetak

REOSAY, Maria Eveline, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA

2003 | Tesis | Magister Manajemen

Industri percetakan media sangat erat kaitannya dengan industri media cetak, yang sejak tahun 1999 telah diberlakukan UU Pers No 40 yang menjamin kemerdekaan pers. Industri percetakan media yang dimaksud adalah jasa percetakan yang mencetak media seperti surat kabar atau koran, majalah, tabloid, bulletin, dan lain- lain. Kebijakan pemerintah di era reformasi telah membuka kesempatan bagi siapa saja untuk terjun ke industri media. Kondisi ini menjadikan industri percetakan media sebagai bagian penting dari usaha penerbitan juga mengalami perkembangan. Namun demikian adanya gejala- gejala yang mulai tampak seperti teknologi cetak yang semakin canggih, globalisasi, perkembangan kerja sama regional dan era informasi, menjadikan persaingan semakin kuat dan kompleks. Pada penelitian ini penulis mengambil Percetakan PT Gramedia sebagai objek penelitian, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan eksternal dan internal perusahaan terhadap strategi yang diterapkan, dan mengevaluasi efektifitas dari strategi perusahaan dalam menghadapi perubahan kondisi lingkungan eksternal. Sebagai alat analisis penulis menggunakan industry and competitive analysis, yakni karakteristik industri, five forces model dari Porter untuk menganalisis lingkungan persaingan, driving forces untuk menganalisis faktor- faktor yang secara potensial dapat mengubah struktur atau intensitas persaingan di industri, key success factor untuk menganalisa faktor-faktor yang dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi peluang dan tantangan bagi perusahaan. Kemudian untuk menganalisis posisi perusahaan penulis menggunakan analisis kekuatan dan kelemahan, dan core competence. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa lingkungan eksternal sangat berpengaruh terhadap bisnis media cetak yang merupakan industri pendukung industri pecetakan media dilihat dari intensitas persaingan yang semakin tinggi. Sedangkan hasil analisis kekuatan dan kelemahan menunjukkan kekuatan yang dimiliki Percetakan PT Gramedia sangat besar dibanding kelemahannya. Strategi pertumbuhan yang diterapkan perusahaan cukup efektif yaitu membangun pabrik baru sehingga terbentuk lini produk baru.

Media printing industry is so close to the printing media industry, which Press Law No. 40 guarantees the press freedom since 1999. The media printing industry is printing service which prints media such as newspapers, magazines, tabloids, bulletins and so on. The government policy in the reformation era has opened a chance for them who want to work in this field. This condition makes the media printing industry to be a very important part in the publishing business and it grows well. However, many relationship growth, and informa tion era make the competition stronger and more complex. Writer took Percetakan PT Gramedia as the object of the research. The purposed to know the influence of external and internal environment of the company on the implemented strategy, and evaluate the affectivity of the company strategy to face the change in the external environment condition. Writer used industry and competitive analysis, the industrial characteristics, five forces model from Porter, to analyze the competition environment, driving forces to analyze factors which are potential to change the structure or competition intensity in the industry, key success factors to analyze the factors which could be the successful key in facing challengers and chances for the company. Then to analyze the company position, writer used strengths and weaknessess and core competence. Based on the result, it could be concluded that the external environment was influencing the printing media business which was supporting industry for the media printing industry based on the higher competition intensity. Based on strengths and weaknessess analysis, the result showed that strengths which Percetakan PT Gramedia had was bigger than its weaknessess. Growing strategy implemented by the company was effective enough to develop new factory so there would be a new line product.

Kata Kunci : Strategi Bersaing, Keunggulan Kompetitif, competitive strategy, Percetakan PT Gramedia, media printing industry.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.