Laporkan Masalah

Rancangan Pengembangan Media Pembelajaran BIPA Daring Tingkat Pemula Berbasis Web dengan Google Sites: Studi Kasus "Teman Indonesia" FIB UGM

Sinta Nurfitriani Anwar, Dr. Novi Siti Kussuji Indrastuti, M.Hum.

2024 | Skripsi | S1 SASTRA INDONESIA

Pandemi Covid-19 membuat perubahan di segala bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Hal ini pun berpengaruh terhadap program “Teman Indonesia” FIB UGM. Dalam Program “Teman Indonesia” yang juga termasuk dalam pembelajaran BIPA daring ditemukan beberapa peristiwa yang menyebabkan adanya masalah dalam pelaksanaannya. Dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah dan potensi BIPA daring dari studi kasus “Teman Indonesia” serta menjelaskan proses perancangan media pembelajaran BIPA daring berbasis web dengan Google Sites. Penelitian ini menggunakan landasan teori yang berkaitan dengan BIPA, media pembelajaran, dan web Google Sites.

Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) Borg dan Gall dengan penyesuaian yang dibatasi hingga langkah ketiga. Ketiga langkah tersebut dilakukan dengan 1) identifikasi masalah dan potensi; 2) perencanaan; dan 3) pengembangan desain produk awal. Menggunakan pendekatan kualitatif, analisis data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk formal berupa tabel dan bagan serta informal berupa deskripsi. Dari data yang ada, diperoleh  17 peristiwa yang menyebabkan 9 permasalahan dalam pelaksanaan program “Teman Indonesia”. Permasalahan yang ada lalu dicari potensinya, yaitu perencanaan pengembangan media pembelajaran BIPA daring. Langkah ini dilakukan dengan melakukan studi pustaka dan membuat data unit. Hasil analisis data pada data unit divalidasi menggunakan triangulasi dengan sumber lain, yaitu Permendikbud RI No. 27 Tahun 2017. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan desain produk awal pada web Google Sites.

The Covid-19 pandemic has caused changes in every aspect of society, including education. This also has effects on the "Teman Indonesia" program of FIB UGM. Several events in the "Teman Indonesia" program, which is also included in online BIPA learning, cause implementation issues. The purpose of this research is to identify the problems and potential of online BIPA using the "Teman Indonesia" case study and also explain the process of developing web-based online BIPA learning material with Google Sites. This research uses theoretical foundations related to BIPA, learning media, and Google Sites.

This research uses Borg and Gall's Research and Development (R&D) research model, with changes restricted to the third step. The three processes were: 1) identifying problems and potential solutions; 2) planning; and 3) developing the product design. This research data analysis takes a qualitative approach and is given in both formal and informal formats, such as tables, charts, and descriptions. The present data revealed 17 events that generated 9 issues in the implementation of the "Teman Indonesia" program. Existing challenges are then evaluated for their potential, specifically the development of online BIPA learning material. This step was completed by completing a literature review and generating unit data. The results of the data analysis on unit data were validated by triangulating with other sources, namely Permendikbud RI No. 27 of 2017. The final result of this research is the first version of the design on the Google Sites website.

Kata Kunci : Rancangan pengembangan, media pembelajaran, BIPA daring, web Google sites

  1. S1-2024-430911-abstract.pdf  
  2. S1-2024-430911-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-430911-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-430911-title.pdf