Laporkan Masalah

Evaluasi dan Koordinasi Simpang Gemblegan dan Simpang Sraten Kota Surakarta Menggunakan PKJI dan Pemodelan VISSIM

IRVAN ADJI PRAYITNO, Ir. Heru Budi Utomo, M.T.

2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPIL

Salah satu kota terpadat di Jawa Tengah, yang sedang menghadapi permasalahan kemacetan adalah Surakarta. Kemacetan seringkali terjadi di jam sibuk, khususnya di Simpang Gemblegan dan Simpang Sraten, terutama di Jalan Veteran, yang merupakan jalan arteri sekunder tipe kelas I. Jarak antara kedua simpang tersebut cukup dekat, yaitu 350 meter, dan hingga saat ini keduanya belum terkoordinasikan. Hal ini menyebabkan penumpukan kendaraan di kedua simpang dan mengakibatkan kemacetan.
Penelitian ini menggunakan analisis berdasarkan persamaan-persamaan yang terdapat dalam PKJI 2023 serta melakukan simulasi mikro lalu lintas menggunakan perangkat lunak VISSIM. Kedua metode analisis tersebut digunakan untuk mengevaluasi panjang antrean dan tundaan pada kondisi eksisting serta merancang koordinasi sinyal. Metode survei lapangan melibatkan pengumpulan data volume lalu lintas, panjang antrean, sinyal APILL, kecepatan kendaraan, dan geometri simpang, termasuk lebar jalan dan bahu jalan. Selain itu, software VISSIM digunakan untuk menilai tingkat kinerja simpang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015.
Hasil dari perencanaan terbaik untuk koordinasi antar simpang yang di input pada VISSIM. Perencanaan terbaik ini lebih mengutamakan perubahan pada waktu siklus kedua simpang yaitu 150 detik dan penambahan lebar jalan sebesar 1 m di kedua lengan simpang, setelah di input ke dalam VISSIM hasil penurunan panjang antrean menunjukkan nilai yang signifikan, serta tundaan yang mengalami penurunan sehingga kinerja pelayanan dari kedua simpang tersebut lebih baik dari pada hasil perhitungan koordinasi menggunakan persamaan PKJI 2023 yang direncanakan pada skenario VII. Berdasarkan hasil pemodelan VISSIM didapatkan nilai tundaan dan nilai pelayanan di kedua simpang. Simpang Gemblegan lengan Barat D, lengan Selatan D, lengan Timur D dan, lengan Utara E, di Simpang Sraten tingkat pelayanannya pada lengan Barat yaitu D, lengan Selatan E, lengan Timur tetap C, dan lengan Utara D.

One of the most populous cities in Central Java, which is facing congestion problems, is Surakarta. Congestion often occurs during peak hours, especially at Gemblegan and Sraten intersections, especially on Veteran Street, which is a class I secondary arterial road. The distance between the two intersections is 350 meters, and until now they have not been coordinated. This causes a buildup of vehicles at both intersections and results in congestion.

This research uses an analysis based on the equations contained in PKJI 2023 and conducts microtraffic simulations using VISSIM software. Both analysis methods were used to evaluate queue lengths and delays under existing conditions and to design signal coordination. The field survey method involved collecting data on traffic volume, queue length, signalization, vehicle speed, and intersection geometry, including road width and shoulders. In addition, VISSIM software was used to assess the performance level of the intersection in accordance with the Minister of Transportation Regulation PM 96/2015.

The results of the best planning for coordination between intersections are input into VISSIM. This best planning prioritizes changes to the cycle time of the two intersections, namely 150 seconds and the addition of a road width of 1 m on both arms of the intersection, after being inputted into VISSIM, the results of a decrease in queue length are obtained which shows a significant value, as well as a decrease in delay so that the service performance of the two intersections is better than the results of the coordination calculation using the PKJI 2023 equation planned in scenario VII. Based on the results of VISSIM modeling, the delay value and service value at both intersections are obtained. Gemblegan Intersection West arm D, South arm D, East arm D and, North arm E, at Sraten Intersection the level of service on the West arm D, South arm E, East arm remains C, and North arm D.


Kata Kunci : Koordinasi Sinyal, Waktu Siklus, Perencanaan Terbaik, PKJI 2023, Mikrosimulasi, VISSIM.

  1. D4-2024-441077-abstract.pdf  
  2. D4-2024-441077-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-441077-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-441077-title.pdf