PENGARUH STONE COLUMN UNTUK STABILITAS TANAH PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen STA 71+875-72+100)
FELIX ANDREAS SIAHAAN, Prof. Dr. Ir. Ahmad Rifa'I, MT.
2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang penting dalam menjaga kestabilan perkerasan dan juga tanah dasarnya. Negara Indonesia telah memiliki banyak jalan tol dan tidak sedikit dari jalan tol yang sudah dibuat memiliki berbagai permasalahan seperti retak pada jalan, bergelombang, banjir, dan lainnya. Beberapa faktor dari tidak stabilnya jalan tol ialah daya dukung rencana pada tanah dasar yang rendah, terdapat lereng yang kurang aman dan juga adanya potensi likuefaksi. Untuk mencegah beberapa permasalahan pada tanah infrastruktur jalan tol adalah dilakukannya perbaikan tanah terlebih dahulu. Penelitian ini menganalisis salah satu metode perbaikan tanah yaitu stone column sebagai salah satu solusi dalam menangani likuefaksi, daya dukung yang rendah dan ketidakstabilan tanah.
Penelitian dilakukan pada proyek jalan tol Yogyakarta – Bawen seksi 1 STA 71+875-72+100 dimana pada lokasi tersebut merupakan sebuah timbunan yang akan dipasang perkerasan jalan tol di atasnya. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didapatkan dari pihak kontraktor dan owner berupa hasil uji sondir, bor log, uji laboratorium dan potongan melintang. Data diolah sedemikian rupa sehingga diketahui karakteristik tanah dan menghasilkan parameter-parameter tanah yang akan dievaluasi dan dianalisis dari potensi likuefaksi, daya dukung, dan stabilitas lereng. Khusus untuk analisis stabilitas lereng akan digunakan alat bantu software Plaxis 2D V8.6 dengan kondisi statis. Hasil analisis akan membandingkan daya dukung tanah dan stabilitas lereng setelah dilakukan perbaikan stone column.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah umumnya merupakan tanah pasir lempungan halus yang berpotensi likuefaksi hingga kedalaman 16 meter dengan daya dukung sebesar 513,5 kN/m2 dan angka aman stabilitas lereng timbunan sebesar 1,65. Analisis pada tanah yang dilakukan perbaikan stone column menunjukkan angka daya dukung sebesar 835,51 kN/m2 dan angka aman stabilitas lereng timbunan sebesar 1,89. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan tanah dengan metode stone column mampu mengantisipasi tanah yang memiliki daya dukung rendah dan stabilitas lereng yang kurang aman.
Toll roads are one of the important infrastructures in maintaining the stability of the pavement and also the underlying soil. Indonesia has many toll roads and not a few of the toll roads that have been made have various problems such as cracks in the road, waves, flooding, and others. Some of the factors of the unstable toll road are the low bearing capacity of the subgrade, the presence of unsafe slopes and also the potential for liquefaction. To prevent some of the problems on the land of toll road infrastructure, soil improvement is carried out first. This research analyzes one of the soil improvement methods, namely stone column as one of the solutions in dealing with liquefaction, low bearing capacity and soil instability.
The research was conducted on the Yogyakarta - Bawen toll road project section 1 STA 71+875-72+100 where at that location is an embankment that will be installed toll road pavement on it. The data used is secondary data obtained from the contractor and owner in the form of sondir test results, drill logs, laboratory tests and cross sections. The data is processed in such a way that the soil characteristics are known and produce soil parameters that will be evaluated and analyzed from liquefaction potential, bearing capacity, and slope stability. For the slope stability analysis, Plaxis 2D V8.6 software with static conditions will be used. The results of the analysis will compare the soil bearing capacity and slope stability after the stone column improvement.
The results show that the soil is generally a fine loamy sand soil with the potential for liquefaction to a depth of 16 meters with a bearing capacity of 513.5 kN/m2 and a safe number of slope stability of 1.65. Analysis of the soil with stone column repair showed a bearing capacity of 835.51 kN/m2 and a safe slope stability of 1.89. The results show that stone column soil improvement is able to anticipate soils that have low bearing capacity and unsafe slope stability.
Kata Kunci : Stone column, Likuefaksi, Jalan tol, Daya dukung, Stabilitas lereng, Plaxis 2D