Laporkan Masalah

Analisis pemasaran susu kuda liar Sumbawa

HERMANSYAH, Prof.Dr.Ir. Masyhuri

2004 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui analisis pemasaran dan mata rantai distribusi/saluran pemasaran Susu Kuda Liar (SKL) di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Selain itu juga dimaksudkan mengetahui margin pemasaran yang diterima setiap komponen yang terlibat di dalam perdagangan SKL. Model analisis yang digunakan untuk menelusuri pemasapn SKL dari produsen ke konsumen meliputi etisiensi pemasaran, integrasi pasar serta elastisitas transmisi harga. Hasil pene!itian menunjukkan pendapatan peternak dipengaruhi oleh faktor harga SKL, volume produksi dan biaya pemasaran. Pemasaran SKL juga relatif belum efisien, terindikasi dari penyebaran margin pemasaran yang beludtidak merata. Kenaikan harga SKL lebih dinikmati pedagang besar dan pengecer dibandingkan peternak dan pedagang penguinpul.

The purpose of this research is to determinate marketing analysis of wild horse milk (SKL) on Sumbawa Region, West Nusa Tenggara Province. The another purpose is to detect the distribution marketing margin of the commodity of wild horse milk. The analysis model which is used to explore the marketing type of SKL product from the producer to consumer. It includes the inaketing efficiency, the market integration and the elasticity of price transmition. The result of this research show that the dairy farmer earning'is influenced by the price of SKL, the production, volume and the marketing cost. The marketing of the SKL product has not efficient yet relatively and it is indicated by unequal margin distribution. The increased price is greatly distributed is more big trader and the retailer than the dairy farmer0 and the collector trader.

Kata Kunci : Manajemen Agribisnis,Pemasaran Susu Kuda Liar, analisis pemasaran, margin pemasaran, susu kuda liar


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.