Perbandingan Perilaku Menyikat Gigi Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 dan 2 Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua di Kota Yogyakarta
ANNISA SALSABILA KHAIRANY, drg. Lisdrianto Hanindriyo, MPH., Ph.D ; drg. Fitrina Rachmadanty Siregar, MPH.
2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI
Usia anak-anak merupakan usia yang rawan terjadinya karies, sehingga diperlukan pencegahan salah satunya dengan menyikat gigi. Perilaku menyikat gigi pada anak tidak terlepas dari peran orang tua dalam membentuk perilaku pada anak. Perilaku pada anak juga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Pola asuh terdiri dari demokratif, otoriter, dan permisif. Setiap pola asuh yang diterapkan menghasilkan perilaku yang berbeda pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan perilaku menyikat gigi siswa sekolah dasar kelas 1 dan 2 berdasarkan pola asuh orang tua di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian ini merupakan 154 siswa dan orang tua siswa kelas 1 dan 2 SDN Ngupasan dan SDN Tegalrejo 3 yang telah memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pola asuh adalah kuesioner pola asuh orang tua (PSDQ), sedangkan untuk mengukur perilaku menyikat gigi adalah kuesioner tertutup dengan skala Likert. Data yang telah diperoleh dilakukan uji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil uji menunjukkan data tidak terdistribusi normal sehingga uji statistik yang digunakan merupakan uji nonparametrik menggunakan Uji Kruskal-Wallis dengan tingkat kepercayaan 95% (alfa=0,05)
Hasil uji statistik menggunakan Uji Kruskal Wallis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,109 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai perilaku menyikat gigi berdasarkan jenis pola asuh orang tua.
Children’s age is a vulnerable period for dental caries, hence the need for prevention, one of which is tooth brushing. Children's tooth-brushing behavior is closely related to the role of parents in shaping their children's behavior. Parenting styles also influence children's behavior, which consist of democratic, authoritarian, and permissive styles. Each parenting style produces different behaviors in children. This study aims to compare the tooth-brushing behavior of first and second-grade elementary school students based on their parents' parenting styles in Yogyakarta City.
This research is an analytical observational study with a cross-sectional approach. The respondents of this study were 154 students and their parents from the first and second grades of Ngupasan Elementary School and Tegalrejo 3 Elementary School who met the inclusion criteria. The instrument used to determine parenting styles was questionnaire parenting style (PSDQ), while a closed questionnaire with a Likert scale was used to measure tooth-brushing behavior. The obtained data were tested for normality using the Kolmogorov-Smirnov test. The test result indicated that the data were not normally distributed, non-parametric statistical tests were employed, specifically the Kruskal-Wallis test, with a confidence level of 95% (alfa=0.05).
The statistical analysis using the Kruskal-Wallis test yielded a significance value of 0.109, indicating no significant difference in tooth-brushing behavior based on the types of parenting styles.
Kata Kunci : Pola asuh orang tua, perilaku menyikat gigi