Strategi Pemasaran Pada PT Coca Cola Bottling Indonesia Nothren Sumatera
SARAGIH, Novi Anggrena, Prof.Dr.Ir. Masyhuri
2003 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisPenelitian ini bertujuan untuk Menganalisis lingkungan internal dan eksternal dari PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera yaitu untuk mengetahui faktor- faktor apa yang menjadi kekuatan serta kelemahan dari perusahaan serta mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan serta merumuskan strategi pemasaran yang terbaik dan cocok bagi PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera dengan memperhitungkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (ancaman dan peluang) untuk menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan pada industri minuman. Kekuatan PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera adalah Riset and Development yang intensif, pertumbuhan penjualan, Brand Image, loyalitas konsumen, keadaan distribusi dan pangsa pasar, harga produk yang kompetitif dan SDM yang besar dan terlatih. Kelemahannya adalah: ketersediaan bahan baku dan biaya produksi yang tinggi, yang menjadi peluang PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera adalah segmen pasar, pertumbuhan pasar, respon terhadap promosi, kestabilan struktur harga dan perkembangan produk dan ancaman dari PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera adalah persaingan produk teh, kebijakan pemerintah, perubahan selera konsumen, masuknya pesaing baru, perang harga dan fluktuasi nilai tukar asing. Posisi PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera berada pada kuadran I dengan wilayah kekuatan lebih besar dari pada peluang sehingga perusahaan harus bisa menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang. Perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang cukup agresif agar dapat tetap mempertahankan persaingan pada industri minuman ringan.
This research aimed to determine the internal and external business environment of PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra; find out the strengths and the weaknesses of this company; find out the opportunities and threats faced by the company and also to formulate the best and the compatible marketing strategy for PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra by recognizing internal factor (strengths and Weaknesess) and the external factor (threats and opportunities) to face the environmental emulation and change in beverage industry. The strengths of PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra are research and development activities, growth of sale, brand image, consumer loyality, distribution and market compartment,the competitive price of the products and the productive human resources. The weaknesses are the dependency of imported raw material and the high production cost. The opportunities of PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra are market segment, market growth, response of promotion, the stability of the price and the development of the product. The threats of PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra are competition of tea product, governmental policy, the change of consumer preference, entry of new competitors, price competition and foreign exchange rate fluctuation. Result of analysis shows that position of PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra is in the quadrant I; with the bigger regional strength than its opportunities so that the company should be able to use the strength and take the opportunity . The company is suggested to apply the aggresive marketing strategy to maintain its position in the competition of the emulation at light beverage industry.
Kata Kunci : Agribisnis,Strategi Pemasaran,PT Coca,Cola, Strategy, marketing, Coca-Cola