Analisis Sikap Konsumen Terhadap Ayam Goreng Produk Waralaba Dan Lokal Di Kota Makasar
NURLISA, Sari, Prof.Dr.Ir. Masyhuri
2003 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisPengaruh globalisasi membawa dampak persaingan antar pelaku bisnis ayam goreng semakin ketat. Karenanya diperlukan usaha-usaha pemasaran untuk mencapai keunggulan kompetitif melalui konsep pemasaran yang berorientasi pada pemahaman kebutuhan konsumen. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen dalam pembelian ayam goreng, dimana penelitian ini dilakukan pada industri ayam goreng produk waralaba dan ayam goreng produk lokal di Kota Makassar. Sampel industri dari ayam goreng produk waralaba adalah Kentucky Fried Chicken dan Mc Donald’s dan ayam goreng produk lokal adalah Ayam Goreng Ratu Muda dan Ayam Goreng Sulawesi. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan teknik survey. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 50 untuk konsumen ayam goreng produk waralaba dan 50 responden untuk konsumen ayam goreng produk lokal. Hasil analisis menunjukkan perbedaan tingkat kepentingan atribut antara konsumen ayam goreng produk waralaba dengan tingkat konsumen ayam goreng produk lokal. Pada konsumen ayam goreng produk waralaba atribut citarasa, higienitas, kecepatan pelayanan, harga, kenyamanan tempat, lokasi, keramahan karyawan, kemasan, dan promosi. Untuk konsumen ayam goreng produk lokal adalah citarasa, higienitas, harga, kecepatan pelayanan, kenyamanan tempat, lokasi, keramahan karyawan, kemasan, dan promosi. Selanjutnya berdasarkan hipotesis dua mean diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan sikap antara konsumen ayam goreng produk waralaba dengan konsumen ayam goreng produk lokal dalam hal ini sikap konsumen ayam goreng produk waralaba lebih baik daripada sikap konsumen ayam goreng produk lokal.
Market globalization has tightened competition among fried chicken restaurant consequently, a more appropriate marketing concept oriented toward understanding consumers need is increasingly needed to pursue competitive advantage. The research was aimed to find out consumer behavior toward fried chicken product, which the research was carried out in franchising product industry and local product industry of fried chicken. The sample of franchising product industry of fried chicken are Kentucky Fried Chicken and Mc Donald’s. The sample of local product industry of fried chicken are Ayam Goreng Ratu Muda and Ayam Goreng Sulawesi. The research was performed through observation method and survey technique. Data that used for the research were both of primary and secondary data. Primary data was obtained trough observation, interview, and questionnaire, while the secondary was provided by literature. The numbers of respondent for the research is consist of 50 franchising product consumers and 50 local product consumers. The result indicates some differences of the series of attribute importance level between franchising product consumer and local product consumer. For the franchising product consumer, the series of attribute are : the taste of product, food hygiene, service rate, price of product , nice environment, location of restaurant, the kindness of service, product package and promotion. While for the local franchising product consumer, the series of attribute are : the taste of product, food hygiene, price of product, service rate, nice environment, location of restaurant, the kindness of service, product package and promotion. Furthermore, trough Double Mean Hypothesis we found that there was a different behavior between franchising product consumer and local product consumer, i.e. franchising product consumer behavior is better than local product consumer behavior.
Kata Kunci : Agribisnis,Ayam Goreng Waralaba dan Lokal,Sikap Konsumen