Laporkan Masalah

Peluang Dan Strategi Pemasaran Produk Stik Tahu Kota Kediri Di LPasar Internasional

NORMALISA, Rina Widiyanti, Prof.Dr.Ir. Masyhuri

2003 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Dunia kini menghadapi era baru yang ditandai dengan kecenderungan globalisasi dunia sebagai akibat semakin banyaknya negara yang melakukan liberalisasi ekonomi. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, mau tidak mau pada masa mendatang berada di tengah arus globalisasi yang mesti terus memacu ekspornya terutama dari sektor nonmigas, untuk mengurangi ketergantungannya pada migas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang penentuan posisi dan bauran pemasaran yang diterapkan industri makanan dapat meningkatkan volume penjualan produk tersebut, khususnya produk makanan olahan guna menghadapi persaingan yang semakin ketat (2) untuk mengetahui bagaimana prospek pemasaran produk stik tahu tersebut dimasa yang akan datang, yaitu dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancamannya serta faktor –faktor yang berpengaruh untuk ekspor stik tahu ke pasar internasional khususnya Arab Saudi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan pemilik Perusahaan dan data sekunder didapatkan pengumpulan data atau informasi yang bersumber dari instansi-instansi terkait dan dari studi pustaka dan literatur, dan digunakan untuk mendukung landasan teori yang akan digunakan untuk melakukan interpretasi hasil penelitian dan juga dari Biro Pusat Statistik (BPS) Kediri. Data sekunder meliputi : (1) Nilai produksi Perusahaan tahu Panglima (2) Nilai eksporimpor produk makanan Indonesia. (3) Data lain, yaitu data pendapatan masyarakat Arab saudi sebagai negara tujuan ekspor produk makanan stik tahu kediri. Metode analisis dengan SWOT dan Regresi / metode Ordinary Least Square (OLS). Dari hasil SWOT dan analisis Regrsi menunjukkan bahwa pada saat ini perusahaan stik tahu Panglima berada pada kuadran 1 (satu ). Penerapan stategi pada intinya adalah memanfaat peluang, kekuatan serta meminimalkan kelemahan serta ancaman yang ada .Hasil analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi peluang ekspor produk makanan Indonesia memiliki peluang untuk mengekspor ke pasar Internasional khususnya Arab Saudi. Peluang ekspor produk makanan stik, berpeluang karena dipengaruhi oleh faktor GNP masyarakat Arab saudi, sedangkan nilai produksi dari Perusahaan stik panglima ini tidak beropengaruh nyata karena kapasitas produksi masih yang harus ditingkatkan untuk dapat memasuki pasar ekspor.

The world now face new era characterized with the universal globalization tendency due to many countries establishing economic liberalization. Indonesia as one of the developing countries has to be in the field of globalization regarding export enhancement especially for non oil and natural gas products in order to reduce the dependence on oil and natural gas sector. The purposes of this research are: (1) to know whether the marketing strategy determining the marketing position and mixing applied by food industries can enhance the volume of products sold, especially those of foods getting straight in the competition, (2) to know how the marketing prospect of tahu stick products in the future is, by analyzing the strength, weakness, opportunity, and threat as well as some factors influencing the exporting rate of the tahu stick product to the international market of Saudi Arabia. The data used in this study is primary gained from direct interview with the company owner and secondary data is gained by collecting data or information from some related institutions and from literature study, and they are used to support the basic theories employed for interpreting the research results, and the data is gained from the Bureau of Statistical Center (BPS) in Kediri. The secondary data involve: (1) The production value of Tahu Panglima Company, (2) The export – import values of Indonesian food products, (3) The other data are the incomes of Saudi Arabians, as one of the target countries for tahu stick product from Kediri. The analyzing methods used are SWOT and Regression/Ordinary Least Square (OLS). The results of SWOT and Regression show that recently the company of Panglima tahu stick is in quadrant 1 (one). The strategy is applied to maximize opportunities, strength and to minimize the weakness as well as treats available. The analysis towards some factors influencing export opportunities for Indonesian food products shows that it is possible to export the products to international market especially Saudi Arabia. The opportunity to export stick products is opened for it is affected by the GNP factor of the Saudi Arabians, while the production values of Panglima Stick Company give no apparent effect for the producing capacity is still to improve in order to able to enter the exporting market.

Kata Kunci : Agribisnis,Stik Tahu,Strategi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.