Analisis Perbaikan Produk Industri Ekonomi Kreatif Berdasarkan Ulasan Pelanggan
AHMAD DANI RAMADHAN, Ir. Hari Agung Yuniarto, S.T., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.
2024 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI
Industri ekonomi kreatif akan menjadi tren
ekonomi dunia di masa mendatang. Di Indonesia sendiri, sektor industri ekonomi
kreatif saat ini mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan tersebut ini dapat dilihat
dari keberhasilan pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia pada kancah
internasional. Indonesia termasuk ke dalam negara dengan konsumsi produk
industri ekonomi kreatif terbesar di dunia. Akan tetapi, tingginya konsumsi masyarakat
terhadap produk ekonomi kreatif tersebut masih dikuasai oleh produk-produk
ciptaan pelaku luar Indonesia sedangkan pelaku lokal Indonesia hanya
berpartisipasi dengan persentase angka yang sangat kecil. Terdapat masalah yang
sedang dihadapi oleh pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia dan cara
mengatasinya adalah membuat produk sesuai kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu,
pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia harus membuat produk sesuai dan
dapat memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini agar produk ciptaannya dapat
bersaing.
Penelitian untuk mengetahui kebutuhan
pelanggan saat ini terkait produk industri ekonomi kreatif dilakukan dengan
melakukan analisis ulasan pelanggan yang diberikan pelanggan pada produk
industri ekonomi kreatif di platform komersial. Produk industri ekonomi kreatif
yang akan diambil ulasannya adalah produk yang meraih kesuksesan dan mendapat
kepuasan tinggi dari pelanggan belakangan ini. Kesuksesan yang diraih pelaku
industri ekonomi kreatif yang dianalisis tersebut diharapkan bermanfaat bagi
pelaku lainnya di Indonesia. Metode yang digunakan adalah text mining yang
dipadukan dengan teori inovasi untuk menemukan kebutuhan pelanggan yang sering
dibahas, seberapa penting bagi pelanggan, dan bagaimana kepuasan pelanggan
setelah menggunakannya. Hasil dari teori inovasi tersebut juga akan
menghasilkan kebutuhan pelanggan apa saja yang perlu pengembangan dan yang
tidak perlu pengembangan.
Dari hasil yang didapatkan, kebutuhan
pelanggan pada produk industri ekonomi kreatif saat ini antara lain terkait cerita
yang terkandung di dalamnya, tampilan, dan keterjangkauan. Menurut pelanggan, kebutuhan
paling penting adalah terkait cerita yang terkandung pada produk tersebut dan tampilannya.
Penampilan dari produk industri ekonomi kreatif yang dianalisis mendapatkan kepuasan
tertinggi dari customer. Meskipun mendapatkan keberhasilan, produk
industri ekonomi kreatif yang dianalisis masih perlu pengembangan pada cerita
yang terkandung di dalamnya karena merupakan kebutuhan pelanggan yang penting
bagi pelanggan, tetapi mendapat kepuasan yang rendah.
The creative economy industry will become
a world economic trend in the future. In Indonesia itself, the creative economy
sector is currently experiencing growth. This growth can be seen from the
success of creative economy industry players in Indonesia on the international
stage. Indonesia is one of the countries with the largest consumption of
creative economy industrial products in the world. However, the high public
consumption of creative economy products is still dominated by products created
by actors outside Indonesia, while local Indonesian actors only participate
with a very small percentage. There are problems being faced by creative
economy industry players in Indonesia and the way to overcome them is to make
products according to customer needs. Therefore, creative economy industry
players in Indonesia must make products that are appropriate and can meet
current customer needs so that the products they create can compete.
Research to determine current customer
needs regarding creative economy industry products was carried out by analyzing
customer reviews given by customers on creative economy industry products on
commercial platforms. The creative economy industry products that will be
reviewed are products that have achieved success and received high satisfaction
from customers recently. It is hoped that the success achieved by the creative
economy industry players analyzed will be beneficial for other actors in
Indonesia. The method used is text mining combined with innovation theory to
find customer needs that are frequently discussed, how important they are to
customers, and how satisfied customers are after using them. The results of the
innovation theory will also produce what customer needs need development and
which do not need development.
From the results obtained, customer needs
for creative economy industry products today include the stories contained
therein, appearance and affordability. According to customers, the most
important needs are related to the story behind the product and its appearance.
The appearance of the creative economy industry products analyzed gets the
highest satisfaction from customers. Despite achieving success, the creative
economy industry products analyzed still need to develop the story contained in
them because they are important customer needs for customers, but receive low
satisfaction.
Kata Kunci : Industri Ekonomi Kreatif, Pelaku Industri Ekonomi Kreatif, Text Mining, Teori Inovasi Berdasarkan Hasil