Analisis kinerja ekspor kakao Indonesia
SIANIPAR, Herta, Dr.Ir. Dwijono HD., MS
2003 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisSalah satu komoditas perkebunan andalan Indonesia yang memberi kontribusi bagi pendapatan negara melalui kegiatan ekspor adalah kakao. Mengingat Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia, diharapkan mampu memanfaatkan peluang pasar perkakaoan internasional. Komoditas kakao yang di ekspor berupa kakao olahan dan kakao mentah yang masih dalam bentuk biji, namun ekspor terbesar dari ke dua produk tersebut adalah kakao mentah (bahan baku). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ekspor komoditas kakao terutama dari segi keunggulan komparatif dan kompetitif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data tahunan dari tahun 1990 sampai dengan 2002, dengan menggunakan analisis RCA dan AR untuk mengetahui keunggulan komparatif serta analisis ISP untuk mengetahui posisi komoditas kakao Indonesia di pasar Internasional, serta menggunakan analisis regresi berganda, untuk memperkirakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai ekspor kakao Indonesia meliputi GNP Amerika Serikat (negara pengimpor utama), konsumsi kakao Indonesia, Harga kakao di pasar dunia, nilai ekspor Malaysia (negara pesaing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas kakao Indonesia memiliki keunggulan komparatif melalui nilai RCA dan AR, sedangkan Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) menunjukkan bahwa komoditas kakao pada tahun 1990-1996 berada pada tahap maturity sementara tahun 1997-2002 berada pada tahap perluasan ekspor. Hasil analisis regresi berganda atas variabel yang digunakan dalam menentukan besarnya nilai ekspor kakao Indonesia diperoleh bahwa variabelvariabel tersebut (GNP Amerika Serikat, konsumsi kakao Indonesia, Harga kakao di pasar dunia, nilai ekspor Malaysia) berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor kakao Indonesia.
Cocoa is one of the commodity of plantation of Indonesia which give contribution to national income throught it’s export activity. Considering Indonesia as one of the cocoa’s country producer in the world, it is expected to be able to exploit the opportunity of the international cocoa market. Cocoa commodity is exported in the form of beans product manufacture and raw cocoa in the form of seeds, which is the biggest export commodity of cocoa product. The aim of this research was to estimate the performance of cocoa export of Indomesia especially from its comparative and competitif anvantage. Data used in this research in the form of annual data from 1990 to 2002. The RCA and AR analisys were used to find out the comparative advantage. While ISP analysis was used to discover the position of cocoa commodity of Indonesia in the international market. Double Regression Analysis was also used to estimate the factors that affect the cacao export value of Indonesia such as GNP of USA (Importing country), cacao consumption of Indonesia, price of cocoa in the world market and export value of Malaysia (competitor country). The result of this research indicates that the cocoa commodity of Indonesia has a comparative advantage. Which is showed by RCA and AR value, while ISP indicates cacao commodity in the year 1990-1996 is at the maturity stage where as years 1997 to 2002, is at the expansion export stage. The double regression analysis on the variables used in determining the value of cocoa export of Indonesia obtained that GNP of USA, cacao consumption of Indonesia, price of cocoa in the world market and export value of Malaysia having an affect on cacao export value of Indonesia significantly.
Kata Kunci : Kakao Indonesia,Kinerja Ekspor, Export Performance, Comoodity of Cocoa, Comparative and Competitive Advantage .