Laporkan Masalah

Pengelolaan Publicness Pada Penerapan Jesuit Values Di SMA Kolese De Britto

Andreas Yudhianto, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.

2024 | Tesis | S2 Ilmu Administrasi Negara

Pendidikan adalah barang publik yang menjadi hak setiap warga negara. Negara berkewajiban secara penuh menghadirkan dan menjamin publicness dalam tata kelola penyelenggaraanya. Namun fenomena yang ada adalah masih adanya kegagalan  satuan pendidikan dalam menghadirkan publicness bagi warganya yang secara umum merupakan satuan pendidikan publik atau negeri. SMA Kolese de Britto sebagai satuan pendidikan swasta mampu menghadirkan publicness bagi warganya dengan penerapan nilai-nilai Jesuit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana publicness dikelola dalam nilai-nilai Jesuit pada sektor strategi organisasi dan kepemimpinan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan studi kasus digunakan untuk mendapatkan gambaran utuh dan informasi mendalam dari fenomena yang ada di SMA Kolese De Britto.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa publicness nilai-nilai Jesuit dilembagakan dengan kontekstualisasi dan penyesuaian secara strategi organisasi dan kepemimpinan agar nilai-nilai tersebut dapat diwujudkan dan diterima oleh warga De Britto. Nilai-nilai Jesuit pada hakikatnya bersifat universal dan selaras dengan nilai-nilai publik dalam mewujudkan publicness dari nilai-nilai Jesuit. Rekomendasi dari penelitian ini adalah bahwa publicness Nilai-nilai Jesuit  dapat dijadikan referensi dalam praktik penyelenggaraan pendidikan baik negeri maupun swasta jenjang pendidikan menengah pendidikan publik dan swasta. 


Education is a public good that is a right of every citizen. The State is obliged to fully introduce and guarantee publicness in the administration of its organizers. However, the phenomenon remains the failure of educational units in presenting publicness to their citizens which are generally conducted by public or state educational unit. The Kolese de Britto High School as a private educational unit can present publicness to its member by applying the Jesuit values. 

This research aims to find out how publicness is managed in the Jesuit values on the sector of organizational strategy and leadership. The method used in this research is qualitative. The case study approach is used to get a vivid image and in-depth information of the phenomena that exist at the Kolese De Britto High School. 


The results of this study show that the publicness of the Jesuit values is embodied with the contextualization and adjustment of organizational and leadership strategies so that these values can be realized and accepted by the citizens of De Britto. The Jesuits values are in fact universal and in harmony with the public values in realizing the publicness of the Jesuit values. The recommendation of this study is that the publicness of the Jesuit values can be used as a reference in the practice of education both public and private of secondary education.


Kata Kunci : publicness, nilai-nilai Jesuit, nilai publik

  1. S2-2024-485200-abstract.pdf  
  2. S2-2024-485200-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-485200-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-485200-title.pdf