Pengelolaan Publicness Pada Penerapan Jesuit Values Di SMA Kolese De Britto
Andreas Yudhianto, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Administrasi Negara
Pendidikan adalah barang publik yang menjadi hak setiap warga negara. Negara berkewajiban secara penuh menghadirkan dan menjamin publicness dalam tata kelola penyelenggaraanya. Namun fenomena yang ada adalah masih adanya kegagalan satuan pendidikan dalam menghadirkan publicness bagi warganya yang secara umum merupakan satuan pendidikan publik atau negeri. SMA Kolese de Britto sebagai satuan pendidikan swasta mampu menghadirkan publicness bagi warganya dengan penerapan nilai-nilai Jesuit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana publicness dikelola dalam nilai-nilai Jesuit pada sektor strategi organisasi dan kepemimpinan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan studi kasus digunakan untuk mendapatkan gambaran utuh dan informasi mendalam dari fenomena yang ada di SMA Kolese De Britto.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa publicness nilai-nilai Jesuit
dilembagakan dengan kontekstualisasi dan penyesuaian secara strategi organisasi
dan kepemimpinan agar nilai-nilai tersebut dapat diwujudkan dan diterima oleh
warga De Britto. Nilai-nilai Jesuit pada hakikatnya bersifat universal dan selaras
dengan nilai-nilai publik dalam mewujudkan publicness dari nilai-nilai
Jesuit. Rekomendasi dari penelitian ini adalah bahwa publicness
Nilai-nilai Jesuit dapat dijadikan
referensi dalam praktik penyelenggaraan pendidikan baik negeri maupun swasta
jenjang pendidikan menengah pendidikan publik dan swasta.
Education is a public good that is a right of every citizen. The State is obliged to fully introduce and guarantee publicness in the administration of its organizers. However, the phenomenon remains the failure of educational units in presenting publicness to their citizens which are generally conducted by public or state educational unit. The Kolese de Britto High School as a private educational unit can present publicness to its member by applying the Jesuit values.
This
research aims to find out how publicness is managed in the Jesuit values on the
sector of organizational strategy and leadership. The method used in this
research is qualitative. The case study approach is used to get a vivid image
and in-depth information of the phenomena that exist at the Kolese De Britto
High School.
The
results of this study show that the publicness of the Jesuit values is embodied
with the contextualization and adjustment of organizational and leadership
strategies so that these values can be realized and accepted by the citizens of
De Britto. The Jesuits values are in fact universal and in harmony with the
public values in realizing the publicness of the Jesuit values. The
recommendation of this study is that the publicness of the Jesuit values can be
used as a reference in the practice of education both public and private of
secondary education.
Kata Kunci : publicness, nilai-nilai Jesuit, nilai publik