Laporkan Masalah

Pengembangan dan Identifikasi Properti Psikometri Skala Learning Agility pada Mahasiswa

Nur Rahmat Laba, Galang Lufityanto, S.Psi.,M.Psi.,Ph.D.,Psikolog

2024 | Tesis | S2 Psikologi

Dunia pendidikan saat ini menghadapi tantangan yang kompleks dan perubahan yang cepat. Dibutuhkan kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan - perubahan yang terjadi. Learning agility menjadi sebuah kualitas yang penting dimiliki oleh mahasiswa dalam mencapai kesuksesan di tengah dunia yang penuh ketidakpastian. Untuk mengetahui tingkat learning agility dibutuhkan sebuah instrumen atau alat ukur untuk bisa mengungkapnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran learning agility pada mahasiswa yang memiliki kualitas psikometrika yang baik. Partisipan penelitian ini adalah 402 mahasiswa berusia 18-29 tahun. Keseluruhan pengambilan data dilakukan secara daring. Skala dianalisis dan dievaluasi dengan confirmatory factor analysis (CFA) dan pemodelan Rasch. Hasil menunjukkan bahwa skala learning agility 15 item memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi baik pada item (ISR = 0.97) maupun person (PSR = 0.85), serta bukti - bukti validitas yang memenuhi syarat. Implikasi praktis dari penelitian ini ialah tersedianya instrumen yang memiliki properti psikometri yang baik dan memuaskan yang dapat digunakan dalam lingkup penelitian maupun praktis.

The world of education is currently facing complex challenges and rapid changes. It requires the ability to adapt to the changes that occur. Learning agility is an important quality possessed by students in achieving success in a world full of uncertainty. To find out the level of learning agility, an instrument or measuring tool is needed to be able to reveal it. This study aims to develop a learning agility measurement instrument for university students that has good psychometric quality. The participants of this study were 402 students aged 18-29 years. All data collection was conducted online. The scale was analyzed and evaluated by confirmatory factor analysis (CFA) and Rasch modeling. Results showed that the 15-item learning agility scale had a high level of reliability in both item (ISR = 0.97) and person (PSR = 0.85), as well as evidence of qualified validity. The implication of this study is the availability of instruments that have good and satisfactory psychometric properties that can be used in research and practical settings. 

Kata Kunci : learning agility, pengembangan skala , rasch model, model fit

  1. S2-2024-491079-abstract.pdf  
  2. S2-2024-491079-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-491079-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-491079-title.pdf