Formulasi Misi, Visi, dan Nilai PT Kaliban Bangun Prakarsa
Silviyanti Fauji, Prof. Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., M.P.M., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
PT Kaliban Bangun Prakarsa yang sudah berdiri dari 2008 dan memiliki banyak
anak perusahaan belum memiliki pernyataan misi, visi, dan nilai. PT Kaliban
Bangun Prakarsa yang memiliki keinginan untuk melakukan ekspansi ke luar Kota
Batam memerlukan strategi agar dapat bertahan di tengah persaingan di
industrinya. Penelitian ini dilakukan untuk memformulasikan pernyataan misi,
visi, dan nilai untuk PT Kaliban Bangun Prakarsa sebagai arahan dan acuan
perusahaan dalam beroperasi. Penelitian ini mengacu pada metode perumusan misi
dan visi yang dikembangkan oleh Srinivasan (2014). Metode perumusan dimulai
dari pemahaman konteks bisnis, analisis lingkungan, pemahaman konsep misi dan
visi yang dikembangkan oleh Campbell & Yeung (1991) dan Morris (1996) untuk
konsep misi, dan konsep yang dikembangkan oleh Collins & Porras (1996 &
2008) dan Lipton (1996) untuk konsep visi. Hasil dari penelitian ini adalah
pernyataan misi, visi, dan nilai inti yang tepat untuk PT Kaliban Bangun
Prakarsa dengan harapan dapat menjadi acuan perusahaan untuk membuat strategi
jangka pendek dan jangka panjang.
PT Kaliban Bangun Prakarsa, which has been established since 2008 and has many subsidiaries, does not yet have a mission, vision, and value statement. PT Kaliban Bangun Prakarsa, which has a desire to expand outside Batam City, needs a strategy to survive amid competition in its industry. This research is conducted to formulate mission, vision, and value statements for PT Kaliban Bangun Prakarsa as a direction and reference for the company in operating. This research refers to the mission and vision formulation method developed by Srinivasan (2014). The formulation method starts from understanding the business context, environmental analysis, understanding the concept of mission and vision developed by Campbell & Yeung (1991) and Morris (1996) for the concept of mission, and the concept developed by Collins & Porras (1996 & 2008) and Lipton (1996) for the concept of vision. The result of this research is a mission, vision, and core value statement that is appropriate for PT Kaliban Bangun Prakarsa with the hope that it can be a reference for the company to make short-term and long-term strategies.
Kata Kunci : Visi, Misi, Nilai Organisasional