Laporkan Masalah

PENGUJIAN ADAPTIF MARKET HYPOTHESIS (AMH) DAN ANOMALI EFEK KALENDER: BUKTI INTERNASIONAL ASIA PASIFIK DAN DAMPAK DARI KONDISI PASAR TERHADAP EFISIENSI PASAR

Mujaddidul Amri, Mamduh M. Hanafi, Prof. Dr., M.B.A.,

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji anomali efek kalender, konsep Adaptive Market Hypothesis (AMH), dan pengaruh dari kondisi pasar di indeks saham negara Asia Pasifik. Periode penelitian dilakukan menggunakan data tahun 2010 hingga 2023. Penelitian menggunakan satu indeks saham sebagai perwakilan dari setiap sampel negara. Penelitian ini merupakan jenis pengujian teori untuk menguji teori AMH, dengan plot dari tingkat signifikansi sebagai indikator penentu keberadaan pola AMH. Plot dilakukan dengan menggunakan rolling windows.

Pengujian hipotesis 1 sampai dengan 3 dilakukan dengan uji regresi GARCH(1,1) distribusi t, nilai cut off dari p-value yang digunakan adalah 5%. Hasil pengujian menunjukkan keberadaan AMH terjadi pada periode yang bervariasi. Pengujian hipotesis 4 sampai dengan 6 dilakukan dengan uji regresi parametrik Ordinary Least Square dan uji regresi nonparametrik Kernel. Hasil regresi memperlihatkan hasil yang berbeda atau tidak konsisten dikarenakan data berdistribusi tidak normal, sehingga data hasil pengujian dari regresi nonparametrik Kernel menjadi fokus analisa. Pengujian menunjukkan kondisi pasar secara bervariasi memberikan pengaruh kepada efisiensi pasar, dengan sebagian pasar menunjukkan pengaruh positif dan sebagian lainnya menunjukkan pengaruh negatif. Penelitian ini dapat dimanfaatkan secara teoritis sebagai pengembangan literatur maupun secara praktis sebagai pertimbangan bagi investor terkait anomali efek kalender berdasarkan teori AMH.

This study aims to examine the calendar effect anomalies, the concept of the Adaptive Market Hypothesis (AMH), and the impact of market conditions on stock indices in Asia-Pacific countries. The research period uses data from 2010 to 2023. One stock index is used as a representative sample for each country. This research is a theoretical test to examine the AMH, with plots of significance levels serving as indicators to determine the presence of AMH patterns. The plotting is conducted using rolling windows.

Hypotheses 1 to 3 were tested using the GARCH(1,1) t-distribution regression test, with a p-value cut-off of 5%. The test results indicate the presence of AMH in varying periods. Hypotheses 4 to 6 were tested using both parametric Ordinary Least Square regression and non-parametric Kernel regression test. The regression results show inconsistencies due to the non-normal distribution of the data. Therefore, the focus of analysis is on the results from the non-parametric Kernel regression. The tests indicate that market conditions influence market efficiency variably, with some market showing positive effects and others showing negative effects. This research can be theoretically utilized to develop literature and practically considered by investors regarding the effects of calendar anomalies based on the AMH theory.

Kata Kunci : Adaptive Market Hypothesis, Anomali Efek Kalender, DOW, Holiday, Monday

  1. S2-2024-509348-abstract.pdf  
  2. S2-2024-509348-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-509348-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-509348-title.pdf