Peran Anchor Personality terhadap Daya Juang (Adversity Quotient) Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Gadjah Mada
MUTIARA ANANDA PUTRI, Dr. Bagus Riyono, M. A., Psikolog
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Tugas akhir merupakan tanggung jawab yang harus diselesaikan setiap mahasiswa tingkat akhir. Akan tetapi, mahasiswa memiliki berbagai hambatan untuk menyelesaikan tugas akhir atau juga tidak berdaya menyelesaikan skripsi sesegera mungkin sehingga idealisme lulus sesegera mungkin belum atau tidak dapat terwujud. Permasalahan terkait penyelesaian tugas akhir berkaitan erat dengan kemampuan mahasiswa dalam bertahan dan gigih dalam menyelesaikan tugas akhir. Kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tanggung jawab diibaratkan seperti individu yang mendaki gunung. Kemampuan tersebut dikenal sebagai adversity quotient. Dalam berjuang menyelesaikan skripsi terdapat alasan yang membuat mahasiswa gigih. Faktor internal seperti karakter atau kepribadian berperan terhadap adversity quotient seseorang. Hal tersebut berkaitan dengan anchor personality. Anchor personality berkaitan dengan pedoman hidup manusia untuk mencapai stabilitas hidup. Anchor personality yang terdiri atas empat struktur menjadi variabel independent, sedangkan adversity quotient menjadi variabel dependent. Penelitian ini melibatkan 103 sampel mahasiswa tingkat akhir di Universitas Gadjah Mada. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei. Pengukuran variabel dilakukan dengan menyebarkan skala pengukuran melalui link Google Form yang dibagikan melalui media sosial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adversity Response Profile (ARP) untuk mengukur daya juang dan Anchor Personality Inventory (API) untuk mengetahui kepribadian anchor. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa dimensi anchor virtues berperan secara signifikan pada adversity quotient. Anchor virtues berperan sebesar 8,2% terhadap adversity quotient mahasiswa tingkat akhir UGM. Sementara itu, dimensi anchor materials, self, dan others tidak memiliki korelasi terhadap adversity quotient.
The final assignment is a responsibility that must be completed by every final year student. However, students have various obstacles to completing their final assignments or are unable to complete their thesis as soon as possible so that the ideal of graduating as soon as possible has not or cannot be realized. Problems related to completing the final assignment are closely related to the student's ability to persevere and be persistent in completing the final assignment. A person's ability to complete responsibilities is likened to an individual climbing a mountain. This ability is known as the adversity quotient. In struggling to complete a thesis, there are reasons that make students persistent. Internal factors such as character or personality influence a person's adversity quotient. This is related to the anchor personality. Anchor personality is related to human life guidelines to achieve life stability. Anchor personality is the independent variable, while adversity quotient is the dependent variable. This research involved a sample of 103 final year students at Gadjah Mada University. The instruments used in this research are the Adversity Response Profile (ARP) to measure fighting power and the Anchor Personality Inventory (API) to determine the anchor's personality. Research analysis uses simple linear regression statistical analysis. The research results found that the anchor virtues dimension played a significant role in the adversity quotient. Anchor virtues play a role of 8.2% in the adversity quotient of UGM final year students. Meanwhile, the dimensions of anchor materials, self, and others have no correlation with the adversity quotient.
Kata Kunci : mahasiswa tingkat akhir, daya juang, adversity quotient, anchor personality