EVALUASI PRAKTIK KEBERLANJUTAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN KONSEP ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE (ESG) DALAM MENCAPAI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA (FEB UGM)
Gabriella Agnes Kurnia Tjahjono, Heyvon Herdhayinta, S.E., M.Sc., Ph.D
2024 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi Terapan
Intisari
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pencapaian praktik keberlanjutan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan internal FEB UGM dengan menggunakan konsep ESG dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Serta mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi saat menjalankan praktik keberlanjutan yang selanjutnya untuk diberikan saran perbaikan.
Desain/metodologi/pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk memahami situasi menyeluruh di lapangan. Penulis melakukan 14 wawancara semi-terstruktur dengan dekanat, staf pendidik dan mahasiswa yang telah terlibat dalam proses praktik keberlanjutan di sekolah bisnis. Wawancara selanjutnya dilengkapi dengan menyertakan observasi dan analisis dokumen sebagai data pendukung.
Temuan – Analisis mengungkapkan bahwa keberlanjutan tertanam dalam narasi pada berbagai tingkat praktik. Para responden mengungkapkan bagaimana mereka dapat merespon keberlanjutan berdasarkan emosional dan pemahamannya, bagaimana mengungkapkan pengembangan keberlanjutan di tingkat aspek pendidikan hingga di tahap praktik secara langsung di lingkungan, sosial, dan tata kelola. Sebagaimana sekolah bisnis menjadi bagian dari perguruan tinggi berkontribusi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, beberapa praktik masih belum terpenuhi akibat beberapa faktor. Berbagai pertimbangan dan perencanaan perlu ditingkatkan terutama pada sikap kesadaran dan kebijakan.
Orisinalitas/nilai – Studi ini mengacu pada pembingkaian teori praktik Schatzki digunakan untuk mengungkapkan seberapa jauh tingkat praktik didasarkan gambaran operasional melalui berbagai perspektif dan aktivitas saat menjalankan proses dengan menggunakan konsep ESG dengan mempertimbangkan komponen emosional dan pemahaman dalam menjalankan praktik keberlanjutan (Gunesh Ramlugun & Stainbank, 2023). Hal ini juga sejalan untuk membingkai penelitian akuntansi manajemen dalam memberikan informasi secara mendalam dengan mempertimbangkan ekosistem yang lebih luas dan disiplin ilmu (Akroyd dkk., 2023).
Abstract
Purpose - This research aimed to evaluate the level of achievement of sustainability practices carried out by internal stakeholders of FEB UGM using the ESG concept in achieving sustainable development goals. In addition, it also identified opportunities and challenges faced when carrying out sustainability practices which were then given suggestions for improvement.
Design/methodology/approach: This research used a case study approach to understand the overall situation in the field. The author conducted 14 semi-structured interviews with deans, teaching staff, and students who have been involved in the process of sustainability practices at the business school. The interviews were further complemented by including observations and document analysis as supporting data.
Findings: Analysis revealed that sustainability was embedded in narratives at different levels of practice. The respondents revealed how they could respond to sustainability based on their emotions and understanding, how to express the development of sustainability at the level of educational aspects to the stage of direct practice in the environment, society, and governance. As business schools as part of higher education contributed to achieving sustainable development goals, some practices were still unfulfilled due to several factors. Various considerations and plans needed to be improved, especially on awareness and policy attitudes.
Originality/value: This study referred to Schatzki's framing of practice theory used to reveal the extent to which the level of practice was based on an operational overview through various perspectives and activities when carrying out processes using ESG concepts by considering the emotional and understanding components of carrying out sustainability practices. (Gunesh Ramlugun & Stainbank, 2023). This was also in line with frame management accounting research in providing in-depth information by considering the broader ecosystem and disciplines (Akroyd et al., 2023).
Kata Kunci : Keberlanjutan, Teori Praktik, ESG, Pendidikan Tinggi, SDGs