Efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi mulut siswa usia 7-8 tahun :: Kajian SD Negeri Buaran I dan SD Negeri Rawa Buntu I Kecamatan Serpong Kabupaten Tangerang
LUCIAWATY, Rina, drg. Niken Widyanti S., MDSc
2004 | Tesis | S2 Ilmu Kedokteran GigiLatar belakang: Pendapat para peneliti yang mengatakan bahwa pemberian pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah dan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi sama-sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi mulut siswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah dan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi dalam meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi serta pengaruhnya terhadap sikap dan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan gigi mulut. Metode: Metode penelitian adalah eksperimental semu dengan rancangan penelitian non equivalent pre dan post test control group design. Subjek penelitian adalah 75 orang siswa berusia 7-8 tahun SDN Buaran I (kelompok perlakuan I) menggunakan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi dan 75 orang siswa berusia 7-8 tahun SDN Rawa Buntu I (kelompok perlakuan II) menggunakan metode ceramah. Jenis data kuantitatif dan analisis data Paried Samples Test berdasarkan taraf signifikansi 0,05. Hasil: Hasil analisis pre test tingkat pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi dan mulut pada kedua kelompok perlakuan menunjukkan tidak berbeda yaitu sebanding (p>0,05). Setelah diberi intervensi, hasil pre test ke post test 1, pre test ke post test 2 menunjukkan adanya perbedaan peningkatan bermakna pada pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi mulut antara kedua kelompok perlakuan, yaitu kelompok perlakuan I dan kelompok perlakuan II (p<0,05). Kesimpulan: Pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan status kebersihan gigi mulut siswa
Background: Researchers said that methods of delivering dental health education by using lecture method and lecture method added by brushing practice will effective in increasing knowledge, attitude, behavior and student's oral hygiene status. Objective: This study was aimed to find out the efectivity of dental health education using lecture method and lecture method added brushing practice in increasing student's knowledge, attitude, behavior and student's oral hygiene status. Method: The method of this study was quasi-experimental with non equivalent pre and post test control group design. Seventy five student's with 7-8 years old of Buaran I primary school were used as the study sample of group I, this group was given lecture method added by brushing practice. Seventy five student's with 7-8 years old of Rawa Buntu I primary school were used as the group II, this group was given lecture method only. The quantitative data and analysis with Paried Samples Test based on 0,05 significant. Result: The pre-test analysis of knowledge, attitude, behavior, and oral hygiene status showed no significant differences between the two groups (p>0,05). After given by the intervention, there were significant differences between group I and group II in increasing knowledge, attitude, behavior, and oral hygiene status of the student's (p<0,05). Conclusion: The dental health education using lecture method added brushing practice is more effective in increasing, knowledge, attitude, behavior, and student's oral hygiene status.
Kata Kunci : Kesehatan Gigi,Metode Pendidikan,Sikap dan Ketrampilan Pramumukti, dental health education, lecture method, knowledge, attitude, behavior, and student's oral hygiene status