Laporkan Masalah

Scientific interpretation concerning creation of man in the Bible and the Qur'an

SUPARJO, Emmanuel Gerrit Singgih, Ph.D

2004 | Tesis | S2 Ilmu Perbandingan Agama

Tesis ini ditulis dalam bahasa Inggris dengan judul “Scientific Interpretation Concerning Creation of Man in the Bible and the Qur’án.” Judul tersebut dapat diterjemahkan menjadi “Interpretasi Ilmiah tentang Kisah Penciptaan Manusia dalam Alkitab dan Al-Qur’án.” Judul yang sekaligus tema tersebut dianalisis dalam perspektif teologi; maksudnya, kisah penciptaan dan teori evolusi dianalisis dengan perspektif teologi. Tesis ini menggunakan metode hermeneutika dan komparasi. Metode hermeneutika dipakai untuk menjelaskan bagaimana teks Kitab Kejadian 1-2 yang merupakan teks kuno tersebut mempunyai relevansi bagi masyarakat kontemporer yang telah mengenal sains, khususnya teori evolusi. Metode komparasi digunakan untuk mencari titik temu cara teolog Kristen dan Muslim mempertemukan teori evolusi dengan kitab sucinya. Hasil analisis menujukkan lima kesimpulan. Pertama, pandangan teolog terhadap teori evolusi sangat tergantung pada cara pandang mereka terhadap Kitab suci dan teori evolusi. Teolog yang memandang Kitab suci sebagai kitab sains akan menafsirkan kitab suci secara literalistik. Mereka menganggap konsep penciptaan manusia dalam kitab suci bertentangan dengan teori evolusi yang mereka anggap ateistik. Teolog yang memandang kitab suci bukan kitab sains, tetapi kitab tentang keimanan, cenderung akan menerima teori evolusi yang dimaknai secara teistik. Mereka meyakini proses evolusi sebagai cara Tuhan berkarya. Kedua, Pandangan teolog tentang Tuhan akan menentukan tanggapan mereka terhadap teori evolusi. Teolog yang memandang Tuhan sebagai Tuhan personal tidak akan bisa menerima bahwa Tuhan berkarya melalui evolusi karena hal itu berarti mengurangi kemahakuasaan-Nya. Sebaliknya, mereka yang memahami Tuhan sebagai figur impersonal cenderung menerima teori evolusi yang dimaknai secara teistik sebagai cara Tuhan menciptakan keragaman makhluknya, termasuk kemunculan manusia. Ketiga, pada dasarnya Alkitab dan Al-Qur’án dapat digunakan untuk menolak ataupun menerima teori evolusi. Jika Alkitab dan Al-Qur’án dapat digunakan untuk mendukung ataupun menolak setiap teori sains, maka kitab suci tersebut tidak mempunyai arti penting bagi sains karena semua teori dapat dicarikan dasar religious darinya. Dengan demikian, kitab suci sekedar sebagai alat justifikasi. Keempat, teori evolusi dapat ditafsirkan secara teistik maupun ateistik. Mereka yang meyakini evolusi ateistik tidak dapat melihat peran Tuhan dalam proses evolusi. Sebaliknya, mereka yang meganggap teori evolusi dapat dimaknai secara teistik akan menerima proses evolusi sebagai cara Tuhan berkarya. Kelima, perbedaan yang umumnya terjadi antara teolog Kristen dengan teolog Muslim adalah bahwa teolog Muslim umumnya mencarikan titik temu antara kisah penciptaan manusia dengan teori evolusi diawali dengan ataupun didasarkan pada penyelarasan bahasa Al-Qur’án dengan pemahaman tentang teori evolusi, sedangkan teolog Kristen langsung berusaha mencari makna theistic teori evolusi.

The Bible and the Qur’án use various terms and descriptions concerning creation of man. On the one hand, both scriptures describe direct and instant creation of man by God; but on the other hand, both describe gradual creation of man that reveals continuing creation. This makes people of those scriptures become different in understanding it. Generally, Christian and Muslim theologians can be divided into two groups. The first group mostly consists of scriptural literalists who understand the scriptures as books of science. They understand some scriptural stories as historical fact, i.e. the story of creation of man. They believe that God, which they describe as personal and anthropomorphic God, directly created origin of human beings; while Adam from clay, Eve from a left rib of Adam. The second group mostly consists of contemporary theologians who understand the scriptures as books of faith, not book of science. They understand some scriptural descriptions as myths or symbols. They understand the story of creation of man as symbolical expression of glorification of God and human relation with Him. They do not understand such story literally so that they promote that human beings come to the earth through evolutionary process controlled by God. The coming of the theory of evolution also influences Christian and Muslim theologians’ views about creation of man. Many of them try to show that scriptural descriptions concerning creation of man are valid, whereas the theory of evolution is false. They support their idea with scientific data. The most extreme of them promote creationism that understands that God directly created origin of human species. Many others try to understand that between scriptural concepts of creation of man and the theory of evolution are meeting points. Many of them even try to integrate those two ideas. They understand scriptural concepts of creation scientifically; vice verse, they understand the theory of evolution theistically. They promote contemporary theologies, such as natural theology, theology of nature, and synthetic theology. As the result, they understand that the process of evolution is a way that which God created human beings. Their effort to integrate between both always develops. The integrative explanation today may be revised in the next time because there are still many arguments that have not given satisfying explanation for theological problems, such as salvation and evils, for people who understand that those both ideas—evolution and creation—are true yet. However, they principally understand that God involves in the natural processes

Kata Kunci : Al Quran dan Alkitab,Penciptaan Manusia,Teolog Muslim dan Kristen, God, creation, evolution, interpretation, and theology


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.