Laporkan Masalah

Peran Dukungan Teman Sebaya terhadap Kemampuan Adaptasi Karier dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediator pada Mahasiswa di Yogyakarta

DESIRIA RENITA, Ardian Rahman Afandi, S.Psi., M.Psi., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Kemampuan adaptasi karier memiliki konstruk yang bersifat psikososial sehingga membutuhkan adanya hubungan antara aspek psikologi dan aspek sosial individu. Salah satu aspek sosial dalam konstruk psikososial adalah dukungan teman sebaya. Peran dukungan teman sebaya terhadap kemampuan adaptasi karier tersebut dapat dijelaskan lebih mendalam melalui faktor efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mencari lebih dalam mekanisme efikasi diri sebagai variabel mediator dalam memengaruhi peran dukungan teman sebaya terhadap kemampuan adaptasi karier. Partisipan akan difokuskan pada mahasiswa di Yogyakarta berusia 18 hingga 21 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner secara online. Instrumen yang digunakan yaitu skala CAAS, CRPS, and GSES-12. Hasil analisis (N=409) menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya berperan secara langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan adaptasi karier melalui mediator efikasi diri. Tidak ada perbedaan kemampuan adaptasi karier yang signifikan antara mahasiswa yang merupakan remaja akhir dengan dan tanpa pengalaman organisasi.

Career adaptability has a psychosocial construct that requires a relationship between psychological aspects and social aspects of the individual. One of the social aspects of the psychosocial construct is peer support. The role of peer support on career adaptability can be explained more deeply through the factor of self-efficacy. This research aims to look deeper into the mechanism of self-efficacy as a mediator in influencing the role of peer support on career adaptability. Participants will be focused on college students in Yogyakarta aged 18 to 21 years. The research uses a quantitative approach using an online questionnaire. The instruments used in this research include CAAS, CRPS, and GSES-12. The results of the analysis (N=409) showed that peer support played a direct and indirect role on career adaptability through the mediator of self-efficacy. There is no significant difference in career adaptability between students who are late adolescents with and without organizational experience.

Kata Kunci : kemampuan adaptasi karier, dukungan teman sebaya, efikasi diri / career adaptability, peer support, self-efficacy

  1. S1-2024-462600-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462600-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462600-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462600-title.pdf