Pengalaman Personal Growth Guru TK dan Pra-SD dalam Pelaksanaan Universal Design for Learning (UDL) di Sekolah Rumah Citta
DWI ANJANI SUSILOWATI, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D.
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Universal Design for Learning (UDL) adalah sebuah pendekatan baru yang dipromosikan oleh pemerintah untuk mengakomodasi keberagaman siswa di kelas. Penerapan UDL sebagai pendekatan baru berpotensi membuat guru mengalami pertumbuhan pribadi karena dalam menerapkannya membutuhkan keterampilan guru. Penelitan ini bertujuan untuk memahami pengalaman personal growth guru selama penerapan Universal Design for Learning di Sekolah Rumah Citta. Oleh karen itu, peneliti melakukan studi fenomenologi melalui wawancara semi terstruktur terhadap empat orang guru TK dan Pra-SD yang telah menerapkan UDL. Hasilnya menunjukan bahwa guru mengalami perkembangan kreativitas, keterampilan problem solving, keterampilan sosial dan interpersonal, kesadaran emosional, dan open minded. Penelitian ini berimplikasi pada pelatihan peningkatan kualitas guru agar memperhatikan empat aspek personal growth untuk membangkitkan motivasi guru terutama dalam menerapkan UDL.
Universal Design for Learning (UDL) is a new approach promoted by the government to accommodate student diversity in the classroom. Implementing UDL as a new learning framework can potentially make teachers experience personal growth because it requires teacher skills. This research aims to understand the personal growth experience of teachers during the implementation of Universal Design for Learning at the Sekolah Rumah Citta. Therefore, the researcher conducted phenomenological studies through semi-structured interviews with four kindergarten and pre-SD teachers who had implemented UDL. The results showed that teachers experienced the development of creativity, problem-solving skills, social and interpersonal skills, emotional awareness, and open-minded. This research has implications for teacher quality improvement training to pay attention to the four aspects of personal growth to generate teacher motivation, especially in implementing UDL.
Kata Kunci : universal design for learning, personal growth, guru