Peran Dukungan Sosial Online pada Work Engagement Ilustrator di Media Sosial
SAVIRA ARUMAHESWARI, Haidar Buldan Thontowi, S.Psi., M.A., Ph.D.
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Kreator konten dengan platform utama di media sosial dapat menemui berbagai interaksi positif dan negatif, salah satunya adalah interaksi yang menunjukkan dukungan sosial. Oleh karena ilustrator menggunakan platform media sosial untuk membagikan karya serta berinteraksi dengan sesama ilustrator, audiens, dan klien, dapat dikatakan media sosial memiliki peran yang serupa dengan lingkungan kerja ilustrator. Artinya, hal-hal yang ilustrator alami di media sosial, contohnya dukungan sosial, dapat memengaruhi perilaku kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial online pada work engagement ilustrator di media sosial. Hasil studi menunjukkan bahwa dukungan sosial online dalam benuk dukungan emosional atau dukungan harga diri berperan dalam peningkatan work engagement ilustrator, sedangkan dukungan ikatan sosial, informasional, dan instrumental tidak berpengaruh pada work engagement. Studi ini memberikan sumbangan literatur terkait perilaku online dan perilaku kerja kreator konten di media sosial, khususnya ilustrator, dan memberikan perspekif baru terkait bentuk interaksi online apa yang harus dikembangkan kreator konten online dalam komunitasnya.
Content creators with major platforms on social media can encounter various positive and negative interactions, one of them is interaction that shows social support. Because illustrators use social media platforms to share their work and interact with fellow illustrators, audiences, and clients, it can be said that social media has a role similar to their work environment. This means that what illustrators experience on social media, such as social support, can influence their work behavior. This research aims to determine the role of online social support on illustrators' work engagement. The results show that online emotional/esteem social support played a role in increasing illustrators' work engagement while social companionship, informational and instrumental support had no effect on work engagement. This study contributes to the literature regarding online behavior and work behavior of online content creators in Indonesia, especially illustrators, and provides a new perspective on online interaction that content creators should develop in their communities.
Kata Kunci : Dukungan Sosial, Work Engagement, Ilustrator, Media Sosial