Laporkan Masalah

Meningkatkan Kualitas Kebijakan Pendidikan Berkeadilan di Universitas Gadjah Mada Melalui Peer Counselor bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) tahun 2023

BUNDA ASMARA, Novi Paramita Dewi, S.I.P., MDP.

2024 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

Dalam menyelenggarakan beasiswa KIP-K, Universitas Gadjah Mada sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) perlu menyelenggarakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Dalam penyelenggaraan beasiswa KIP-K, terdapat IPK minimum yang perlu dicapai oleh mahasiswa penerima KIP-K yaitu mencapai minimum IPK yaitu 2,75. PTP juga bertanggung jawab memberikan pendampingan kepada mahasiswa penerima KIP-K yang belum mencapai IPK minimal. Sebagai bentuk tanggung jawab Universitas Gadjah Mada, melakui unit kerja terkait yaitu Direktorat Kemahasiswaan membuat kebijakan peer counselor  untuk mendampingi mahasiswa penerima beasiswa KIP-K yang belum memenuhi jumlah minimum IPK yang ditetapkan. Penelitian ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh upaya kebijakan pendidikan di Universitas Gadjah Mada melalui peer counselor bagi mahasiswa penerima KIP-K di universitas Gadjah Mada. Populasi pada penelitian ini sebanyak 237 mahasiswa dan diambil sampel penelitian sebanyak 149 mahasiswa menggunakan simple random sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Pengumpulan data dilakukan dengan menguunakan data primer yang didapatkan dari pengumpulan hasil kuesioner dan data sekunder yang didapatkan dari Direktorat Kemahasiswaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kebijakan peer counselor  terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima KIP-K dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05 namun nilai R hanya sebesar 0,247 < 0,5 artinya tidak memiliki korelasi yang kuat. Dalam implementasinya, peer counselor mampu meningkatan kebijakan pendidikan di Universitas Gadjah Mada terlihat dari peningkatan IPK mahaiswa penerima KIP-K. Implementasi peer counselor yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas seseorang yang belum mampu mencapai jumlah minimum IPK yang telah ditentukan memperlihatkan komitmen Universitas Gadjah Mada untuk memberikan kesempatan yang adil bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. 

In administering the KIP-K scholarship, Gadjah Mada University as the Organizing University (PTP) needs to administer it in accordance with established regulations. In administering the KIP-K scholarship, there is a minimum GPA that needs to be achieved by KIP-K recipient students, namely reaching a minimum GPA of 2.75. PTP is also responsible for providing assistance to students receiving KIP-K who have not achieved the minimum GPA. As a form of responsibility at Gadjah Mada University, the related work unit, namely the Directorate of Student Affairs, has created a peer counselor policy to assist students receiving KIP-K scholarships who have not met the minimum GPA set. This research was conducted with the aim of finding out the influence of educational policy efforts at Gadjah Mada University through peer counselors for students receiving KIP-K at Gadjah Mada University. The population in this study was 237 students and a research sample of 149 students was taken using simple random sampling. The method used is quantitative and analyzed using simple linear regression techniques with the help of SPSS. Data collection was carried out using primary data obtained from collecting questionnaire results and secondary data obtained from the Directorate of Student Affairs. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that there is a positive influence of the peer counselor policy on the learning achievement of KIP-K recipient students with a significance value of 0.015 < 0>

Kata Kunci : peer counselor, prestasi belajar, mahasiswa KIP-K

  1. S1-2024-455835-abstract.pdf  
  2. S1-2024-455835-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-455835-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-455835-title.pdf