Peran Efikasi Diri dan School Belongingness Terhadap Permasalahan Emosi dan Perilaku Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
NUR AMANAH RIDHO SALSABIELA, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Dekade ini, Emotional Behavioral
Problem (EBP) di kalangan remaja menunjukkan angka prevalensi yang
cenderung tinggi baik dalam lingkup global maupun nasional. Efikasi diri dan school belongingness dinilai dapat
menjadi prediktor EBP sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran negatif efikasi diri dan school belongingness terhadap Emotional Behavioral Problem (EBP) siswa
Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sebanyak
169 siswa SMPN X dan SMPN Y di Kota Yogyakarta menjadi partisipan dalam dalam
penelitian ini. Partisipan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tiga skala yang meliputi The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ),
General Self-Efficacy (GSE) Psychological
Sense of School Membership (PSSM). Analisis
regresi linier berganda menunjukkan bahwa efikasi diri dan school belongingness secara
simultan tidak dapat memprediksi EBP. Sementara itu, analisis prediktor secara terpisah
mampu memprediksi EBP. Analisis tambahan menunjukkan tidak ada perbedaan
EBP yang signifikan berdasarkan jenis kelamin, tingkatan kelas, atau kondisi
keluarga
This decade, emotional behavioral problems (EBP) among
teenagers show a prevalence rate that tends to be high both globally and
nationally. Self-efficacy and school belongingness are considered to be
predictors of EBP, so this research aims to determine the negative role of
self-efficacy and school belongingness on EBP of junior high school (SMP)
students. A total of 169 students of SMPN X and SMPN Y in the city of
Yogyakarta were participants in this research. Participants were taken using
purposive sampling technique. The instruments used in this research are three
scales which include The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ),
General Self-Efficacy (GSE) Psychological Sense of School Membership (PSSM). Multiple
linear regression analysis shows that self-efficacy and school belongingness
cannot simultaneously predict EBP. Meanwhile, separate predictor analysis was
able to predict EBP. Additional analyzes showed no significant differences in
EBP by gender, grade level, or family condition.
Kata Kunci : Efikasi diri, School belongingness, Masalah emosi dan perilaku/Self-Efficacy, School Belongingness, Emotional Behavioral Problem