Laporkan Masalah

Peran Efikasi Diri dan School Belongingness Terhadap Permasalahan Emosi dan Perilaku Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

NUR AMANAH RIDHO SALSABIELA, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Dekade ini, Emotional Behavioral Problem (EBP) di kalangan remaja menunjukkan angka prevalensi yang cenderung tinggi baik dalam lingkup global maupun nasional. Efikasi diri dan school belongingness dinilai dapat menjadi prediktor EBP sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran negatif efikasi diri dan school belongingness terhadap Emotional Behavioral Problem (EBP) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Sebanyak 169 siswa SMPN X dan SMPN Y di Kota Yogyakarta menjadi partisipan dalam dalam penelitian ini. Partisipan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga skala yang meliputi The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), General Self-Efficacy (GSE) Psychological Sense of School Membership (PSSM). Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa efikasi diri dan school belongingness secara simultan tidak dapat memprediksi EBP. Sementara itu, analisis prediktor secara terpisah mampu memprediksi EBP. Analisis tambahan menunjukkan tidak ada perbedaan EBP yang signifikan berdasarkan jenis kelamin, tingkatan kelas, atau kondisi keluarga 

This decade, emotional behavioral problems (EBP) among teenagers show a prevalence rate that tends to be high both globally and nationally. Self-efficacy and school belongingness are considered to be predictors of EBP, so this research aims to determine the negative role of self-efficacy and school belongingness on EBP of junior high school (SMP) students. A total of 169 students of SMPN X and SMPN Y in the city of Yogyakarta were participants in this research. Participants were taken using purposive sampling technique. The instruments used in this research are three scales which include The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), General Self-Efficacy (GSE) Psychological Sense of School Membership (PSSM). Multiple linear regression analysis shows that self-efficacy and school belongingness cannot simultaneously predict EBP. Meanwhile, separate predictor analysis was able to predict EBP. Additional analyzes showed no significant differences in EBP by gender, grade level, or family condition.

Kata Kunci : Efikasi diri, School belongingness, Masalah emosi dan perilaku/Self-Efficacy, School Belongingness, Emotional Behavioral Problem

  1. S1-2024-462630-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462630-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462630-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462630-title.pdf