Perkembangan internet kian pesat termasuk dalam perniagaan. Dengan adanya marketplace memudahkan penjual dan pembeli bertemu melakukan transaksi jual beli tanpa bertatap muka. Di masa pandemi, marketplace menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan, seperti suplemen makanan. Beragamnya produk suplemen makanan yang dijual mengharuskan konsumen memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur review dan rating di marketplace dapat menjadi pertimbangan dalam memutuskan pembelian produk suplemen makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk suplemen makanan melalui marketplace.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif analitik. Data diambil menggunakan kuesioner untuk mengukur pengaruh review dan rating terhadap keputusan pembelian produk yang dinilai menggunakan skala Likert 4 poin. Persebaran kuesioner dilakukan pada Desember 2023 – Januari 2024 kepada 106 responden yang merupakan masyarakat umum di Indonesia yang pernah membeli suplemen makanan melalui marketplace. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0,021<0>Online customer rating juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0,00<0>Online customer rating paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi sebesar 0,717.
The rapid development of the internet includes business. With marketplace makes it easier for sellers and buyers to meet to carry out buying and selling transactions without meeting face to face. During the pandemic, marketplace is one solution to meet needs, such as food supplements. The variety of food supplement products sold requires consumers to choose products that suit their needs. Feature review and rating of marketplace can be a consideration in deciding to purchase dietary supplement products. This research aims to determine the effect online customer review and online customer rating on the decision to purchase food supplement products through marketplace.
This research is included in analytical descriptive research. Data was taken using a questionnaire to measure influence review and rating on product purchasing decisions assessed using a 4-point Likert scale. The distribution of questionnaires was carried out in December 2023 – January 2024 to 106 respondents who were general people in Indonesia who had purchased food supplements through the marketplace. The sampling technique is carried out using the method purposive sampling. Data were analyzed using multiple linear regression using SPSS 25.
The results of this study show that online customer review has a significant effect on purchasing decisions with a significance level of 0.021<0>
Kata Kunci : Suplemen makanan, online customer review, online customer rating, keputusan pembelian