Laporkan Masalah

Pengembangan Pariwisata Edukasi di Rumah Domes

Abdurrahman Saleh Setiawan, Mohamad Rachmadian Narotama., S.T., M.Sc., Ph.D.

2024 | Skripsi | PARIWISATA

Penelitian ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk menganalisis pengembangan pariwisata edukasi di Rumah Domes yang ditinjau dari teori pengembangan pariwisata dan teori wisata edukasi. Hal ini difokuskan untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak pengelola dalam meningkatkan pengembangan parwisata edukasi bencana di Rumah Domes. Kemudian penelitian ini juga untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh pihak pengelola dalam meningkatkan pengembangan pariwisata edukasi bencana di Rumah Domes beserta cara mengatasinya.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh melalui observasi secara langsung di lapangan serta melalui wawancara. Wawancara dilakukan dengan teknik wawancara semi-terstruktur dan fleksibel ke beberapa pemangku kepentingan diantaranya adalah Dukuh Desa New Nglepen, Pengelola Rumah Domes, dan Admin Media Sosial Instagram Rumah Domes. Tak hanya itu, wawancara juga dilakukan kepada wisatawan umum dan rombongan pelajar karena mereka dapat memberikan saran terhadap pengembangan wisata edukasi di Rumah Domes, salah satunya berupa pengembangan fasilitas. Di dalam penelitian ini, data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dari berbagai buku atau literatur. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi temuan data yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Selanjutnya dari hasil reduksi tersebut, data yang terpilih ditampilkan untuk kemudian dianalisis lebih lanjut serta ditarik kesimpulannya.

Dalam hasil penelitian yang telah dilakukan, secara umum pengembangan pariwisata edukasi di Rumah Domes telah disesuaikan dengan teori pariwisata berkelanjutan dan wisata edukasi. Namun, dalam implementasinya masih ditemukan sejumlah tantangan dan hambatan seperti kurangnya dana untuk pengembangan program dan fasilitas wisata edukasi, kurangnya sumber daya manusia yang kompeten, kurangnya pemasaran dan promosi di media sosial, hingga kurangnya inovasi dan pengembangan terhadap program edukasi yang menarik minat wisatawan khususnya di Rumah Domes. Maka, analisis ini dilakukan oleh peneliti untuk menemukan konsep pengembangan pariwisata edukasi yang sesuai indikator dan visi pariwisata berkelanjutan sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan bersama. 

This study primarily focuses on examining the progression of educational tourism within Domes Houses through the lenses of sustainable tourism theory and educational tourism theory. The objective was to identify the efforts undertaken by administrators or management to promote the development of disaster educational tourism at these venues, as well as to uncover the challenges they face and propose solutions to overcome them.

Employing a qualitative descriptive approach, the research gathered data through direct field observations and interviews. Semi-structured and adaptable interview techniques were utilized with various stakeholders, including the New Nglepen Village Hamlet, Domes House Management, Domes House Instagram Social Media Administrators, general tourists, and student groups. Secondary data was obtained through literature review from diverse sources. Data analysis involved collecting, refining, and analyzing findings in line with the research objectives, followed by the presentation of selected data for further examination and drawing conclusions.

The results of the research indicate that, overall, the development of educational tourism at Domes Houses aligns with both sustainable tourism and educational tourism theories. However, several challenges persist in implementation. These challenges include insufficient funding for educational tourism programs and facilities, a shortage of skilled personnel, inadequate marketing and promotion on social media platforms, and a lack of innovative educational programs to attract tourists, particularly within the Domes Houses context. Consequently, the researchers conducted this analysis to devise a framework for educational tourism development that adheres to sustainable tourism indicators and visions, thereby facilitating the attainment of desired objectives.

Kata Kunci : Wisata Edukasi, Gempa Bumi, Rumah Domes

  1. S1-2024-446298-abstract.pdf  
  2. S1-2024-446298-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-446298-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-446298-title.pdf