Pengalaman Personal Growth Guru dalam Penerapan Universal Design for Learning (UDL) di Sekolah Rumah Citta
RAMADHANTI DHEA UTAMI, Elga Andriana, S.Psi, M.Ed, Ph.D
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Penerapan pendidikan inklusif di Indonesia belum sesuai harapan. Maka dari itu, pemerintah sedang mengoptimalkan pewujudannya melalui pelatihan Universal Design for Learning (UDL) untuk guru. Framework pembelajaran tersebut, dengan keterampilan yang diperlukan dan kebaharuannya dalam dunia pendidikan Indonesia, berpotensi memunculkan personal growth pada guru yang juga sejalan dengan konsep kompetensi kepribadian guru. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman personal growth guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan UDL framework di kelas. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan metode wawancara semi terstruktur. Keempat partisipan adalah guru SD dari Sekolah Rumah Citta yang setidaknya menggunakan pendekatan UDL selama 1 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa guru mengalami pertumbuhan diri, baik pada dimensi kognitif maupun perilaku, yaitu perkembangan dalam memahami keadaan orang lain, perkembangan dalam melakukan diskusi, perkembangan pola pikir terbuka, perkembangan dalam perilaku toleran, perkembangan mendesain pembelajaran yang fleksibel, dan perkembangan dalam memahami kebutuhan diri. Penelitian ini dapat berimplikasi pada peningkatan eskalasi penerapan UDL di Indonesia.
The implementation of inclusive education in Indonesia has not met expectations. For this reason, the government is optimizing its realization through Universal Design for Learning (UDL) training for teacher. This learning framework, with its necessary skills and novelty in Indonesian education, has the potential to develop personal growth in teachers, which is alligned with the concept of teacher personality competence. This study aims to understand the teacher’s personal growth experience during the learning process using the UDL in the classroom. The researcher used a qualitative phenomenological approach with a semi-structured interview method. The four participants are elementary school teachers from Sekolah Rumah Citta who have used a UDL-based curriculum for at least a year. The results show that teachers experience personal growth, both in the cognitive and behavioral dimensions, namely development in understanding the situation of others, development in conducting discussions, development of an open minded, development in tolerant behavior, development to designing flexible learning, and development in understanding personal needs. This research may improve escalation of UDL implementation in Indonesia.
Kata Kunci : Universal Design for Learning (UDL), personal growth, guru, kompetensi kepribadian