GAMBARAN LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA KESEHATAN UNIVERSITAS GADJAH MADA: STUDI MENGGUNAKAN KUESIONER MENTAL HEALTH LITERACY SHORT VERSION FOR ADULTS (MHLQ-SVA)
AUFA AULIAURROHMAN, Anna Wahyuni Widayanti., M.P.H., Apt., Ph.D
2024 | Skripsi | FARMASI
Masalah
kesehatan mental merupakan tantangan yang paling umum yang akan dihadapi baik
generasi saat ini maupun generasi mendatang. Meningkatnya prevalensi masalah
kesehatan mental, menunjukkan perlunya upaya untuk melakukan deteksi dini
terhadap tanda dan gejala untuk meningkatkan kemungkinan hasil dari pengobatan
dan perawatan. Salah satu cara yang relevan untuk pencegahan masalah kesehatan
mental dengan meningkatkan literasi kesehatan mental (Mental Health Literacy). Mental
Health Literacy (MHL) dapat diukur menggunakan
Mental Health Literacy Short Version for Adults (MHLq-SVa). Penelitian ini bertujuan untuk
mengukur tingkat literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan di
Universitas Gadjah Mada (UGM) serta mengetahui hubungan karakteristik
sosiodemografi terhadap tingkat literasi
kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan di Universitas Gadjah Mada.
Penelitian ini dilakukan dengan metode
non-eksperimental deskriptif kuantitatif cross sectional yang digunakan
untuk mengukur persentase setiap variabel menggunakan kuesioner yang dibagikan
secara daring dengan pemilihan sampel secara convenience sampling. Responden
yang terlibat sebanyak 102 responden yang merupakan mahasiswa aktif bidang kesehatan
di Universitas Gadjah Mada. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui
gambaran tingkat literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan di UGM.
Analisis hubungan karakteristik sosiodemografi dengan tingkat literasi
kesehatan mental pada pada mahasiswa
kesehatan di UGM dilakukan dengan uji One-Way
ANOVA dan Mann
Whitney U.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan
di Universitas Gadjah Mada relatif tinggi dengan
median 72 dan rerata skor sebesar 71,0±6,01 dengan rentang skor
52-80. Didapatkan hasil berupa 56,9% responden memiliki tingkat literasi
kesehatan mental tinggi. Uji statistik menunjukkan terdapat hubungan antara
tingkat literasi kesehatan mental dengan karakteristik sosiodemografi tahun perkuliahan (p=<0 xss=removed>karakteristik sosiodemografi jenis kelamin (p=0,166), status
kesehatan (p=0,135), jenis tempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
(p=0,871), dan pengeluaran bulanan (p=0,306).
Kata Kunci : Literasi Kesehatan, Kesehatan Mental,
Mahasiswa
Mental health issues pose the
most common challenges for both the current and future generations. The
increasing prevalence of mental health problems underscores the need for
efforts to detect early signs and symptoms to enhance the likelihood of
successful treatment and care outcomes. One relevant approach to preventing
mental health problems is by improving Mental Health Literacy (MHL). Mental
Health Literacy (MHL) can be measured using the Mental Health Literacy Short
Version for Adults (MHLq-SVa). This study aims to measure the level of mental health
literacy among health science students at Gadjah Mada University (UGM) and
understand the relationship between sociodemographic characteristics and the
level of mental health literacy among health science students at Gadjah Mada
University. This research uses a
non-experimental quantitative descriptive cross-sectional method to measure the
percentage of each variable using a questionnaire distributed online with
sample selection through convenience sampling. The respondents involved are 102
active health science students at Gadjah Mada University. Data will be analyzed
descriptively to understand the overview of mental health literacy levels among
health science students at UGM. The analysis of the relationship between
sociodemographic characteristics and the level of mental health literacy among
health science students at UGM will be conducted using One-Way ANOVA and Mann
Whitney U tests. The research results show that
the level of mental health literacy among health science students at Gadjah
Mada University is relatively high, with a median of 72 from a score range of
52-80. The results indicate that 56.9% of respondents have a high level of
mental health literacy, while 43.1% of respondents have a low level of mental
health literacy. Statistical tests show a significant relationship between the
level of mental health literacy and sociodemographic characteristics such as
academic year (p=<0 xss=removed p=0.166), p=0.135), p=0.871), p=0.306).> Keyword: Health Literacy, Mental Health, College
Students
Kata Kunci : Literasi Kesehatan, Kesehatan Mental, Mahasiswa