IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) JENJANG PENDIDIKAN DASAR: Respon Organisasi Dalam Menghadapi Kompleksitas
Novrian Satria Perdana, Agustinus Subarsono, M.Si, MA, Ph.D ; Dr. Agus Joko Pitoyo, M.A. ; Puguh Prasetya Utomo, SIP, MPA, Ph.D
2024 | Disertasi | S3 STUDI KEBIJAKAN
Setiap organisasi mengalami kompleksitas dalam bentuk pemenuhan tuntutan kelembagaan yang menjadi kendala bagi organisasi dalam mengelola legitimasinya. Organisasi yang mengalami kompleksitas akan memiliki respon yang bervariasi, karena dipengaruhi oleh berbagai atribut organisasi yang menjadi filter. Beberapa penelitian sebelumnya mengusulkan agar ada yang mengeksplorasi variabilitas respon organisasi serta mengeksplorasi variabilitas atribut organisasi yang dapat mempengaruhi variabilitas respon organisasi. Untuk menjawab hal tersebut menggunakan topik implementasi BOS, karena seringkali terjadi perubahan peraturan maupun kebijakan yang menandakan adanya perubahan tuntutan kelembagaan, khususnya tahun 2019-2021. Tujuan disertasi ini antara lain: (1) Menganalisis variabilitas respon sekolah dalam implementasi kebijakan BOS terbaru jenjang Pendidikan Dasar; (2) Menganalisis variabilitas atribut organisasi yang dapat memengaruhi sekolah dalam menentukan variabilitas respon dalam implementasi kebijakan BOS terbaru jenjang Pendidikan Dasar; dan (3) Menganalisis pengaruh implementasi kebijakan BOS terbaru terhadap variabilitas respon sekolah yang dimoderasi oleh variabilitas atribut organisasi. Disertasi ini menggunakan pendekatan mixed method-exploratory sequential design yaitu pendekatan untuk menggabungkan pengumpulan dan analisis data kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Pada tahap pertama, peneliti mengumpulkan data kualitatif melalui wawancara mendalam kepada Kepala Sekolah, Bendahara BOS, dan Guru Senior terhadap 24 sekolah (SD dan SMP) yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta untuk mengeksplorasi variabilitas respon sekolah dan variabilitas atribut organisasi. Selanjutnya hasil dari penelitian kualitatif tersebut dianalisis pengaruhnya antar variabel dengan menggunakan penelitian kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner melalui survei terhadap 664 sekolah sampel di Provinsi D.I. Yogyakarta yang dipilih secara random sampling. Hasil disertasi ini antara lain (1) variabilitas strategi respon sekolah dalam menghadapi kompleksitas implementasi kebijakan BOS terbaru, antara lain: Persetujuan, Kompromi, dan Penyesuaian. Respon penyesuaian merupakan kebaharuan dalam disertasi ini; (2) Variabilitas atribut organisasi yang mempengaruhi variabilitas respon sekolah antara lain: a). Kewilayahan dan Capaian Akreditasi sebagai representasi dari field position, b). Hubungan Kedudukan/Kelembagaan Komite Sekolah sebagai representasi dari structure, c). Status Kepemilikan Sekolah (Negeri dan Swasta) sebagai representasi dari ownership/governance, d). Gaya kepemimpinan (Otokratis, Demokratis, dan Bebas/laissez faire) sebagai kebaharuan atribut organisasi, dan e). Budaya Organisasi (Adhocracy, Clan, Hierarchy, dan Market) sebagai kebaharuan atribut organisasi; dan 3) Terdapat pengaruh signifikan atas implementasi kebijakan BOS terbaru terhadap variabilitas respon sekolah yang dimoderasi oleh atribut organisasi (Wilayah, Akreditasi, Hubungan Kedudukan/Kelembagaan Komite Sekolah, Status sekolah, Gaya kepemimpinan dan Budaya Organisasi).
Kata Kunci : Respon, Atribut, Implementasi Kebijakan, BOS