Laporkan Masalah

Motivasi Belajar Pada Program Studi Dokter FK-KMK UGM: Kajian Persepsi Mahasiswa Peserta Kurikulum 2013 dan 2020

Disavitri Syawalnia Sukendar, dr .Wika Hartanti, M.IH.; dr. Savitri Shitarukmi, MHPE

2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER

Latar Belakang: Motivasi belajar penting untuk proses akademik. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa kedokteran adalah desain sistem kurikulum yang digunakan. Kurikulum di prodi kedokteran FK-KMK UGM saat ini berjalan 2 kurikulum, kurikulum 2013 dan kurikulum 2020. Kedua kurikulum terdapat perbedaan desain pada proses penilaiannya. Dengan berjalannya kedua kurikulum di prodi dokter FK-KMK UGM, oleh sebab itu ingin melihat gambaran motivasi belajar mahasiswa kedokteran FK-KMK UGM pada 2 kurikulum.

Tujuan: Mengeksplorasi gambaran persepsi motivasi belajar mahasiswa Program Studi Kedokteran FK-KMK UGM pada kurikulum 2013 dan kurikulum 2020

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan desain studi kualitatif fenomenologi, teknik purposive sampling, dilaksanakan pada November 2023 - Desember 2023. Total 15 mahasiswa kedokteran FK-KMK UGM berpartisipasi dalam Focus Group Discussion (FGD), dilakukan terhadap dua kelompok (kelompok mahasiswa kurikulum 2013 dan kelompok mahasiswa kurikulum 2020). Proses pengumpulan data direkam menggunakan alat perekam, kemudian diubah kedalam bentuk transkrip verbatim. Hasil transkrip telah mendapat persetujuan informan FGD. Proses analisis menggunakan analisis tematik

Hasil: Terdapat empat tema yang teridentifikasi. Tema pertama yaitu Persepsi mahasiswa terkait motivasi belajar mencakup proses pembelajaran, proses asesmen, dan evaluasi hasil. Tema kedua yaitu faktor yang memengaruhi motivasi belajar terdiri dari sistem pembelajaran, asesmen, lingkungan, minat dan cita-cita. Tema ketiga adalah dampak dari perubahan motivasi belajar, merupakan perubahan kondisi fisik dan non-fisik. Tema keempat merupakan upaya meningkatkan motivasi belajar, dari dalam diri maupun lingkungan sosial.

Kesimpulan: Mahasiswa mengalami peningkatan dan penurunan motivasi belajar berdasarkan siklus yang dijalani selama masa pendidikan kedokteran, faktor internal dan eksternal mengakibatkan turun naiknya motivasi belajar. Salah satunya sistem pembelajaran dan ujian yang padat mengakibatkan mahasiswa mengalami turbulensi motivasi berdampak pada tidak ada semangat mengikuti kegiatan perkuliahan dan kelelahan.

Background: Learning motivation is important for the academic process. One of the factors that influence the motivation to learn of medical students is the design of the curriculum system used. The curriculum in the medical study program of FK-KMK UGM currently runs 2 curricula, the 2013 curriculum and the 2020 curriculum. Both curricula have design differences in the assessment process. With the running of the two curricula in the FK-KMK UGM medical study, therefore we want to see an overview of the learning motivation of FK-KMK UGM medical students in 2 curricula.

Objective: Explore how the perception of learning motivation of the medical students curriculum 2013 and curriculum 2020 of  the medical study FK-KMK UGM

Method: This research uses a qualitative phenomenology study design approach, purposive sampling technique, carried out in November 2023 - December 2023. 15 medical students of FK-KMK UGM participated in the Focus Group Discussion (FGD), conducted on two groups (2013 curriculum student group and 2020 curriculum student group). The data collection process is recorded using a recording device, then converted into verbatim transcripts and member checking is carried out. The analysis process uses thematic analysis

Result: Four themes were identified. The first theme is student perception related to learning motivation which includes the learning process, assessment and evaluation. The second theme is factors that influence learning motivation consisting of learning systems, assessments, environments, interests and goals. The third theme is the impact of changes in learning motivation, which is a change in physical and non-physical conditions. The fourth theme is an effort to increase learning motivation, from within and the social environment.

Conclusion: Students experience an increase and decrease in learning motivation based on the cycle lived during the medical education period, internal and external factors resulting in fluctuations in learning motivation. One of them is a dense learning and examination system resulting in students experiencing turbulence, motivation, resulting in no enthusiasm for participating in lecture activities and fatigue


Kata Kunci : Motivasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran, FK-KMK UGM, Kurikulum, Penelitian Kualitatif

  1. S1-2024-445300-abstract.pdf  
  2. S1-2024-445300-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-445300-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-445300-title.pdf