Motivasi Belajar Pada Program Studi Dokter FK-KMK UGM: Kajian Persepsi Mahasiswa Peserta Kurikulum 2013 dan 2020
Disavitri Syawalnia Sukendar, dr .Wika Hartanti, M.IH.; dr. Savitri Shitarukmi, MHPE
2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER
Latar
Belakang: Motivasi belajar penting untuk
proses akademik. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa
kedokteran adalah desain sistem kurikulum yang digunakan. Kurikulum di prodi
kedokteran FK-KMK UGM saat ini berjalan 2 kurikulum, kurikulum 2013 dan
kurikulum 2020. Kedua kurikulum terdapat perbedaan desain pada proses
penilaiannya. Dengan berjalannya kedua kurikulum di prodi dokter FK-KMK UGM, oleh
sebab itu ingin melihat gambaran motivasi belajar mahasiswa kedokteran FK-KMK
UGM pada 2 kurikulum.
Tujuan: Mengeksplorasi gambaran persepsi motivasi belajar mahasiswa
Program Studi Kedokteran FK-KMK UGM pada kurikulum 2013 dan kurikulum 2020
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan desain studi kualitatif
fenomenologi, teknik purposive sampling,
dilaksanakan pada November 2023 - Desember 2023. Total 15 mahasiswa kedokteran
FK-KMK UGM berpartisipasi dalam Focus
Group Discussion (FGD), dilakukan
terhadap dua kelompok (kelompok mahasiswa kurikulum 2013 dan kelompok mahasiswa
kurikulum 2020). Proses pengumpulan data direkam menggunakan alat perekam, kemudian
diubah kedalam bentuk transkrip verbatim. Hasil transkrip telah mendapat
persetujuan informan FGD. Proses
analisis menggunakan analisis tematik
Hasil: Terdapat empat tema yang teridentifikasi. Tema pertama yaitu
Persepsi mahasiswa terkait motivasi belajar mencakup proses pembelajaran,
proses asesmen, dan evaluasi hasil. Tema kedua yaitu faktor yang memengaruhi
motivasi belajar terdiri dari sistem pembelajaran, asesmen, lingkungan, minat
dan cita-cita. Tema ketiga adalah dampak dari perubahan motivasi belajar,
merupakan perubahan kondisi fisik dan non-fisik. Tema keempat merupakan upaya meningkatkan
motivasi belajar, dari dalam diri maupun lingkungan sosial.
Kesimpulan: Mahasiswa mengalami peningkatan dan penurunan motivasi belajar berdasarkan siklus yang dijalani selama masa pendidikan kedokteran, faktor internal dan eksternal mengakibatkan turun naiknya motivasi belajar. Salah satunya sistem pembelajaran dan ujian yang padat mengakibatkan mahasiswa mengalami turbulensi motivasi berdampak pada tidak ada semangat mengikuti kegiatan perkuliahan dan kelelahan.
Background:
Learning motivation is important for
the academic process. One of the factors that influence the motivation to learn
of medical students is the design of the curriculum system used. The curriculum
in the medical study program of FK-KMK UGM currently runs 2 curricula, the 2013
curriculum and the 2020 curriculum. Both curricula have design differences in
the assessment process. With the running of the two curricula in the FK-KMK UGM
medical study, therefore we want to see an overview of the learning motivation
of FK-KMK UGM medical students in 2 curricula. Objective:
Explore how the perception of
learning motivation of the medical students curriculum 2013 and curriculum 2020
of the medical study FK-KMK UGM Method: This research uses a qualitative phenomenology study design
approach, purposive sampling technique, carried out in November 2023 - December
2023. 15 medical students of FK-KMK UGM participated in the Focus Group
Discussion (FGD), conducted on two groups (2013 curriculum student group and
2020 curriculum student group). The data collection process is recorded using a
recording device, then converted into verbatim transcripts and member checking
is carried out. The analysis process uses thematic analysis Result: Four themes were identified. The first theme is student
perception related to learning motivation which includes the learning process,
assessment and evaluation. The second theme is factors that influence learning
motivation consisting of learning systems, assessments, environments, interests
and goals. The third theme is the impact of changes in learning motivation,
which is a change in physical and non-physical conditions. The fourth theme is
an effort to increase learning motivation, from within and the social
environment. Conclusion:
Students experience an increase and
decrease in learning motivation based on the cycle lived during the medical
education period, internal and external factors resulting in fluctuations in
learning motivation. One of them is a dense learning and examination system
resulting in students experiencing turbulence, motivation, resulting in no
enthusiasm for participating in lecture activities and fatigue
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran, FK-KMK UGM, Kurikulum, Penelitian Kualitatif