Laporkan Masalah

Peran Pola Asuh Otoritatif terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Dimediasi oleh Kelekatan Aman dengan Orang Tua

ALFIA RAHMA PERMATASARI, Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., MPsych., Ph.D., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Kecerdasan emosional merupakan suatu hal yang penting diperlukan bagi tiap individu terutama bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik, sosial, dan pribadi selama menjalani perkuliahan agar berhasil dan sukses. Banyak faktor yang memengaruhi kecerdasan emosional, salah satunya adalah faktor keluarga yang merupakan lingkungan terdekat dengan individu melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan emosional mahasiswa yang dimediasi oleh kelekatan aman dengan orang tua. Partisipan dalam penelitian ini merupakan 175 mahasiswa berusia 18-25 tahun (Laki-laki = 32, Perempuan = 143), yang diasuh oleh orang tua pada minimal 6 tahun pertama kehidupan. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei yang dilakukan secara online. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Self Rated Emotional Intelligence (SREIS) untuk mengukur kecerdasan emosional, Skala Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) untuk mengukur pola asuh otoritatif, dan Skala Parent Attachment (IPPA) untuk mengukur kelekatan aman orang tua. Hasil dari analisis mediasi menemukan adanya peran pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan emosional mahasiswa yang dimediasi oleh kelekatan aman ayah maupun kelekatan aman ibu. 

Emotional intelligence is something that is important for every individual, especially for students, in facing academic, social and personal challenges during their studies in order to be successful and successful. Many factors influence emotional intelligence, one of which is the family factor which is the environment closest to the individual through the parenting patterns implemented by parents.This research aims to determine the role of authoritative parenting on students' emotional intelligence which is mediated by secure attachment to parents. Participants in this research were 175 students aged 18-25 years (Male = 32, Female = 143) who had been raised by their parents for at least the first 6 years of life. This research uses a survey method conducted online. The measuring instruments used are Self Rated Emotional Intelligence Scale (SREIS) to measure emotional intelligence, Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) to measure authoritative parenting style, and Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) to measure parents' secure attachment. The results of the mediation analysis found that there was a role of authoritative parenting on students' emotional intelligence which was mediated by the secure attachment of the father and the secure attachment of the mother.

Kata Kunci : kecerdasan emosional, pola asuh otoritatif, kelekatan aman, mahasiswa

  1. S1-2024-462585-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462585-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462585-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462585-title.pdf