ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL PENANDA NOMINATIF ?/? (I/GA) DAN PARTIKEL PENANDA AKUSATIF ?/? (EUL/REUL) DALAM KARANGAN PENDEK MAHASISWA SEMESTER II PRODI BAHASA DAN KEBUDAYAAN KOREA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS GADJAH MADA
Arisha Airulsari, Iva Hanani, S.S., M.A.
2023 | Skripsi | BAHASA KOREA
Penelitian ini membahas
mengenai kesalahan penggunaan partikel penanda nominatif ?/? (i/ga) dan partikel penanda akusatif ?/? (eul/reul)
oleh orang Indonesia pemelajar bahasa Korea. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan jenis kesalahan serta frekuensi jenis kesalahan
penggunaan partikel penanda nominatif ?/? (i/ga) dan partikel penanda akusatif ?/? (eul/reul) yang
dilakukan dalam karangan-karangan
pendek mahasiswa semester 2 Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea Fakultas Ilmu
Budaya Universitas Gadjah Mada. Penelitian ini menganalisis 93 karangan pendek
yang ditulis oleh 31 mahasiswa sebagai bagian dari penilaian UTS dan UAS mata kuliah
membaca dan menulis Bahasa Korea II pada tahun akademik 2021/2022. Data
dianalisis menggunakan teori klasifikasi jenis kesalahan partikel Jo Cheol Hyon
(2002) dengan metode kombinasi (kuantitatif dan kualitatif). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa keseluruhan
data yang ditemukan dalam karangan-karangan pendek mahasiswa berjumlah 66 data.
Dari total 36 data kesalahan
partikel penanda
nominatif
?/? (i/ga), kesalahan substitusi ditemukan
sebanyak 22 data (61,11%), kesalahan
delesi sebanyak 13 data (36,11%), dan kesalahan bentuk sebanyak 1 data (2,78%).
Kemudian, dari total 31 data
kesalahan
partikel penanda
akusatif ?/? (eul/reul), kesalahan substitusi ditemukan
sebanyak 20 data (66,67%) dan kesalahan delesi sebanyak 10 data (33,33%). Salah satu faktor yang diperkirakan
berkontribusi pada terjadinya kesalahan penggunaan partikel
penanda nominatif ?/? (i/ga) dan
partikel penanda akusatif ?/? (eul/reul) adalah
pengetahuan yang kurang memadai tentang kelas kata suatu predikat kalimat
bahasa Korea. Hal tersebut menyebabkan pemelajar tidak bisa menentukkan dengan
tepat argumen yang berfungsi sebagai subjek dan objek dalam suatu kalimat.
This study discusses the errors in the
use of the nominative marker ?/? (i/ga) and the accusative marker ?/? (eul/reul) by Indonesian learners of Korean. The
purpose of this study is to describe the types and frequencies of errors in the
use of the nominative case marker ?/? (i/ga) and the accusative case marker ?/? (eul/reul) in short essays written by second-semester students of the
Korean Language and Culture Program at the Faculty of Humanities, Universitas
Gadjah Mada. This study analyzed 93 short essays written by 31 students as part
of the midterm and final exams for the Korean Reading and Writing II course in
the 2021/2022 academic year. This study uses both qualitative and quantitative
methods. The errors were classified based on the particle usage error
classification theory proposed by Jo Cheol Hyeon in the Research Study of the
Types of Errors Produced by Korean Language Learners (2002). The results of the
study showed that there were 66 data in total found in the students' short
essays. Of the total 36 data of nominative case marker?/? (i/ga) errors, there were 22 data (61.11%) of
substitution errors, 13 data (36.11%) of deletion errors, and 1 data (2.78%) of
form error. Then, of the total 31 data of accusative case marker?/? (eul/reul) errors, there were 20 data (66.67%) of substitution errors
and 10 data (33.33%) of deletion errors. One of the factors that
is thought to contribute to the occurrence of errors in the use of nominative case
marker?/? (i/ga) and accusative
case marker?/? (eul/reul) is inadequate knowledge
of the word class of a Korean sentence predicate. This causes learners to be
unable to correctly determine the arguments that function as subject and object
in a sentence.
Kata Kunci : Partikel Penanda Nominatif dan Akusatif, Analisis Kesalahan, Pemelajar Indonesia