Laporkan Masalah

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan dan Kesuksesan Personalized Learning Management System in Accounting

Albert Deryanto Rupang, Sony Warsono, MAFIS., Ak., CA., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi Terapan

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor penerimaan dan kesuksesan personalized learning management system in accounting.

Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk membantu menjawab pertanyaan penelitian dengan menyebar kuesioner secara online dengan bantuan google formulir.

Temuan – Penelitian ini mengintegrasikan teori UTAUT dan ISSM untuk melihat penerimaan dari sisi manusia dan evaluasi kesuksesan SIDEK-Edu sebagai personalized LMS Akuntansi. Penelitian ini menguji dua kelompok yang berbeda, yaitu kelompok mahasiswa UGM dan siswa SMK dr. Soetomo Surabaya. Dari 12 hipotesis yang diajukan, 9 hipotesis diterima dari grup mahasiswa UGM dan 8 hipotesis diterima dari grup siswa SMK dr. Soetomo Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIDEK-Edu sudah cukup diterima oleh dua kelompok pengguna, memberikan kepuasan pengguna, dan memberi manfaat kepada penggunanya.

Batasan/Implikasi – Penelitian ini terbatas pada indikator pengukuran, di mana peneliti tidak menyesuaikan kuesioner terhadap masing-masing kelompok yang kita ketahui tingkat pemahaman antara siswa SMK dan mahasiswa sendiri berbeda. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa personalized LMS akuntansi SIDEK-Edu dengan inovasi ruang teori dan praktik mampu memberikan manfaat kepada penggunanya baik siswa pada tingkat SMK maupun mahasiswa di tingkat perguruan tinggi.

Originalitas/Nilai – Personalized LMS Akutansi SIDEK-Edu merupakan inovasi baru pedagogis di bidang akuntansi. Integrasi teori UTAUT dan ISSM dalam penelitian ini menjelaskan penerimaan dari sisi manusia dan keberhasilan dari sisi teknologi. Penelitian ini berkontribusi kepada pengguna dan pengembang sebagai bahan evaluasi terhadap penerimaan dan keberhasilan teknologi yang dikembangkan atau yang telah diadopsi.


Purpose – This research aims to examine the factors influencing the acceptance and success of personalized learning management systems in the accounting information system study field.

Findings – This study integrated the UTAUT and ISSM theories to assess human acceptance and evaluated the success of SIDEK-Edu as a personalized Accounting LMS. Two distinct groups were tested: the UGM student group and the students of Dr. Soetomo Vocational School in Surabaya. This research proposed twelve hypotheses; nine hypotheses were accepted by the UGM student group, and eight were accepted by the Dr. Soetomo Vocational School Surabaya student group. The results indicated that SIDEK-Edu has garnered sufficient acceptance among both user groups, leading to user satisfaction and providing tangible benefits.

Limitations/Implications – This research was constrained by measurement indicators, where researchers did not adjust the questionnaire to each group where we knew the level of understanding between vocational students and university students was different. Despite this limitation, the study implied that SIDEK-Edu, a personalized accounting LMS with theoretical and practical space innovation, can offer benefits to users at both the vocational school and tertiary levels.

Originality/Value – The personalized Accounting LMS, SIDEK-Edu, represents a novel pedagogical innovation in the accounting field. The integration of UTAUT and ISSM theories in this research elucidates acceptance from the human side and success from the technological perspective. Consequently, this study contributes valuable evaluation material for users and developers concerning the acceptance and success of developed or adopted technology.

Kata Kunci : Sistem informasi debit kredit edukasi, SIDEK-Edu, Personalized LMS in accounting, learning management system, UTAUT, information system success model.

  1. S2-2024-489182-abstract.pdf  
  2. S2-2024-489182-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-489182-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-489182-title.pdf