Laporkan Masalah

Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kebosanan Akademik dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Sebagai Mediator

FADIAH AWANIS, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Kebosanan akademik merupakan salah satu emosi negatif yang cukup sering terjadi dalam lingkup pendidikan. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa tingginya kebosanan akademik berdampak pada proses belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial teman sebaya terhadap kebosanan akademik dengan regulasi diri dalam belajar sebagai mediator. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 dan 9 sekolah menengah pertama berjumlah 142 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga skala penelitian, yaitu Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya, Skala Kebosanan Akademik, dan Skala Regulasi Diri dalam Belajar. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan modul mediasi melalui Jamovi versi 2.3.28. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri dalam belajar secara signifikan menjadi mediator dari peran dukungan sosial teman sebaya terhadap kebosanan akademik.

Academic boredom is a negative emotion that occurs quite often in the educational setting. Previous studies found that high academic boredom have negative effects on students at school. This study aims to determine the role of peer social support on academic boredom with self-regulated learning as a mediator. Participants in this study were 142 students grade 8 and 9 in junior high school. Data collection was assessed using three research scales, Academic Boredom Scales, Peer Social Support Scales, and Self-Regulated Learning Scales. Data that has been collected is analyzed using the mediaton module through Jamovi version 2.3.28. The results of this study prove that self-regulated learning can mediate peer social support on academic boredom.

Kata Kunci : kebosanan akademik, dukungan sosial teman sebaya, regulasi diri dalam belajar, siswa sekolah menengah pertama

  1. S2-2024-466697-abstract.pdf  
  2. S2-2024-466697-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-466697-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-466697-title.pdf