Evaluasi Komprehensif Input, Porses, dan Output Program Magang Mahasiswa Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3): Studi Kasus di Universitas Gadjah Mada
Rifdah Wardani, Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri. MA; Vena Jaladara, SKM, M.PH
2023 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Latar Belakang: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadi fokus utama di industri dan menjadi bagian integral dari program studi di Universitas Gadjah Mada. Program studi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten untuk mengatasi berbagai tantangan di dunia kerja terkait K3. Salah satu metode untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa adalah melalui program magang. Program magang telah diimplementasikan pada tiga angkatan, evaluasi diperlukan untuk memastikan keberhasilannya.
Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana mata kuliah magang dapat berdampak pada kompetensi mahasiswa.
Metode Penelitian: Metode penelitian ini adalah dengan mix method yaitu melakukan penelitian dengan kualitatif dan kuantitatif yang dimulai dengan Focus Group Discussion kemudian dilanjutkan dengan melakukan kuesioner. Dalam penelitian ini, kepercayaan pada kredibilitas data diperkuat melalui adaptasi pertanyaan kuesioner dan dilakukan uji coba pilot test kuesioner. Generalisasi hasil penelitian mencakup seluruh mahasiswa yang telah mengikuti magang di S2 K3 FK-KMK UGM.
Hasil Penelitian: Penelitian ini menemukan bahwa hal-hal yang dipersiapkan sebelum magang seperti mata kuliah, bimbingan, dan panduan magang dapat mempengaruhi keberhasilan output magang mahasiswa. Output magang juga menunjukkan keterampilan soft skill mahasiswa yang didapatkan saat magang. Saran dan rekomendasi untuk program magang adalah mempertahankan pembimbingan dan pemberian mata kuliah serta membuat panduan magang.
Kesimpulan : Evaluasi komprehensif terhadap program magang S2 K3 FK-KMK UGM menunjukkan bahwa input program, memberikan kontribusi positif terhadap proses magang. Pembimbingan, baik dari segi akademik maupun lapangan, memberikan peran penting dalam membimbing mahasiswa. Output program magang, berupa laporan magang, mendapat penilaian baik, dan outcome yang dicapai oleh mahasiswa mencakup peningkatan keterampilan profesional dan pengembangan diri.
Background: Occupational Health and Safety (OHS) takes center stage in the industry and serves as an integral part of the study program at Gadjah Mada University. This program aims to produce competent graduates capable of addressing various workplace challenges related to OHS. One method employed to provide practical experience to students is through internship programs. The internship program has been implemented for three cohorts, and an evaluation is necessary to ensure its success.
Objective: The objective of this research is to evaluate how the internship course can impact students, particularly influencing their competencies.
Method: This research utilizes a mixed-method approach involving both qualitative and quantitative methods. It begins with a Focus Group Discussion (FGD) and continues with a questionnaire survey. In this study, confidence in the credibility of the data is strengthened through the adaptation of FGD questions based on Sadia Anjum's study (2019) and a pilot test of the questionnaire before distribution. The generalization of research findings encompasses all students who have undergone an internship in the S2 K3 FK-KMK UGM program.
Results: The study finds that pre-internship preparations, such as coursework, mentoring, and internship guidelines, can influence the success of students' internship outputs. Internship outputs are also confirmed to enhance students' soft skills in alignment with core competencies in public health. The suggestions and recommendations for the internship program include maintaining guidance and course offerings, as well as creating internship guidelines.
Conclusion: A comprehensive evaluation of the master OHS FK-KMK UGM internship program indicates that program inputs, course materials, and teaching aids, contribute positively to the internship process. Guidance, both academically and in the field, plays a crucial role in guiding students. The internship program's output, in the form of internship reports, received positive assessments, and the outcomes achieved by students include the enhancement of professional skills and personal development.
Kata Kunci : Competencies, Internship, Occupational Health and Safety Education