Influencers on TikTok and How Their Credibility Affects Purchase Intention among Indonesian Customers: The Case of Fadil Jaidi
Nisa Marina Maryam, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari atribut-atribut model kredibilitas sumber yang terdapat
pada seorang influenser terhadap sikap pelanggan terhadap influenser dan niat
membeli, dengan sikap terhadap influenser juga sebagai mediator. Atribut-atribut
kredibilitas sumber dalam penelitian ini adalah keterpercayaan, keahlian, dan
daya tarik. Objek penelitian dari penelitian ini adalah video-video endorsement
di TikTok yang diunggah oleh Fadil Jaidi dan responden penelitian ini adalah para
pengguna TikTok Indonesia yang sudah cukup dewasa dan sudah pernah melihat
video endorsement Fadil Jaidi setidaknya satu kali, namun belum pernah membeli
produk apa pun yang Fadil Jaidi endorse sebelumnya.
Sebanyak
237 responden yang sesuai dengan kualifikasi di penelitian ini telah berpartisipasi.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode non-probability sampling dan
terdapat dua model regresi linier yang digunakan dalam penelitian ini, dengan
tambahan model mediasi untuk menganalisis efek tidak langsung. Yang pertama
adalah model regresi linier berganda yang digunakan untuk menguji pengaruh
atribut-atribut kredibilitas sumber terhadap niat membeli dan atribut-atribut kredibilitas
sumber terhadap sikap terhadap influenser, kemudian yang kedua adalah regresi
linier sederhana untuk menguji hubungan pengaruh sikap terhadap influenser dan niat
membeli.
Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut-atribut kredibilitas sumber yaitu
keterpercayaan, keahlian, dan daya tarik berpengaruh positif dan signifikan
terhadap sikap terhadap influenser dan niat membeli, begitu pula sikap terhadap
influenser terhadap niat membeli. Sikap terhadap influencer juga mempunyai
peran penting sebagai mediator antara atribut-atribut kredibilitas sumber dan
niat membeli.
This
study aims to analyze how source credibility model’s attributes in an
influencer affect customers’ attitudes toward the influencer and purchase
intention, with attitudes toward the influencers also as a mediator. The
attributes of source credibility in this study are trustworthiness, expertise,
and attractiveness. The research object of this study is endorsement videos on
TikTok posted by Fadil Jaidi and the respondents of this study are Indonesian
TikTok adult users who have been exposed to Fadil Jaidi’s endorsement video at
least once yet never purchase any products he endorsed before.
As
many as 237 respondents who suit the qualifications of this study have
participated. Their data were collected using the non-probability sampling and
there are two models of linear regression methods used in this study, with an
additional of a mediation model to analyze the indirect effect. The first one
is two multiple linear regressions which are used to test the effects of source
credibility attributes toward purchase intention and source credibility
attributes toward attitudes toward the influencers. The other one is the simple
linear regression to test the effects of attitudes toward the influencers on
purchase intention.
Results from this
study show that source credibility attributes which are trustworthiness,
expertise, and attractiveness do positively and significantly affect attitudes
toward the influencers and purchase intention, and so does attitudes toward the
influencers toward purchase intention. Attitudes toward the influencers also
has a significant role as a mediator between the source credibility attributes
and purchase intention.
Kata Kunci : Source Credibility, Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Attitudes toward the Influencers, Purchase Intention