Peran Stres Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru
Irzan Maulana, Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog
2024 | Tesis | S2 Psikologi
Guru,
sebagai tenaga pendidik dituntut mampu merespon perubahan tersebut dengan
menunjukkan perilaku kerja inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
peran stres kerja dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatif guru.
Penelitian ini dilakukan pada 120 orang guru untuk melihat peran stres kerja
dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatif. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik convenience
sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini skala
Innovative Work Behavior (IWB), Skala Stress Diagnostic survey (SDS), dan Skala
Organizational Climate Questionnaire (OCQ). Peneliti menggunakan SmartPLS 3.3.7
untuk mengetahui peran Stres Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Perilaku Kerja
Inovatif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang diberikan
oleh iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatif, dibandingkan stres
kerja yang tidak mampu secara signifikan mempengaruhi perilaku kerja inovatif
pada guru. Namun
tetap terdapat pengaruh
yang simultan antara stres kerja dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja
inovatf pada guruKemudian juga, tidak ada perbedaan yang terjadi pada perilaku
kerja inovatif berdasarkan usia, lama masa bekerja maupun bidang pekerjaan.
Teachers, as educators, are required to be able to
respond to these changes by showing innovative work behavior. This research
aims to examine the role of work stress and organizational climate on teachers'
innovative work behavior. This research was conducted on 120 teachers to see
the role of work stress and organizational climate on innovative work behavior.
This research uses quantitative research methods using convenience sampling
techniques. The measurement instruments used in this research were the Innovative
Work Behavior (IWB) scale, the Stress Diagnostic Survey (SDS) scale, and the
Organizational Climate Questionnaire (OCQ) scale. Researchers used SmartPLS
3.3.7 to determine the role of Job Stress and Organizational Climate on
Innovative Work Behavior. The results show that there is a significant
influence that organizational climate has on innovative work behavior, compared
to work stress which is unable to significantly influence innovative work
behavior in teachers. However, there is still a simultaneous influence between
work stress and organizational climate on teachers' innovative work behavior.
Then, there are no differences in innovative work behavior based on age, length
of service or field of work.
Kata Kunci : Perilaku Inovatif Kerja, Stres Kerja, Iklim Organisasi