Laporkan Masalah

Peran Stres Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru

Irzan Maulana, Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog

2024 | Tesis | S2 Psikologi

Guru, sebagai tenaga pendidik dituntut mampu merespon perubahan tersebut dengan menunjukkan perilaku kerja inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran stres kerja dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatif guru. Penelitian ini dilakukan pada 120 orang guru untuk melihat peran stres kerja dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik convenience sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini skala Innovative Work Behavior (IWB), Skala Stress Diagnostic survey (SDS), dan Skala Organizational Climate Questionnaire (OCQ). Peneliti menggunakan SmartPLS 3.3.7 untuk mengetahui peran Stres Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Perilaku Kerja Inovatif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang diberikan oleh iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatif, dibandingkan stres kerja yang tidak mampu secara signifikan mempengaruhi perilaku kerja inovatif pada guru. Namun tetap terdapat pengaruh yang simultan antara stres kerja dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja inovatf pada guruKemudian juga, tidak ada perbedaan yang terjadi pada perilaku kerja inovatif berdasarkan usia, lama masa bekerja maupun bidang pekerjaan.

Teachers, as educators, are required to be able to respond to these changes by showing innovative work behavior. This research aims to examine the role of work stress and organizational climate on teachers' innovative work behavior. This research was conducted on 120 teachers to see the role of work stress and organizational climate on innovative work behavior. This research uses quantitative research methods using convenience sampling techniques. The measurement instruments used in this research were the Innovative Work Behavior (IWB) scale, the Stress Diagnostic Survey (SDS) scale, and the Organizational Climate Questionnaire (OCQ) scale. Researchers used SmartPLS 3.3.7 to determine the role of Job Stress and Organizational Climate on Innovative Work Behavior. The results show that there is a significant influence that organizational climate has on innovative work behavior, compared to work stress which is unable to significantly influence innovative work behavior in teachers. However, there is still a simultaneous influence between work stress and organizational climate on teachers' innovative work behavior. Then, there are no differences in innovative work behavior based on age, length of service or field of work.

Kata Kunci : Perilaku Inovatif Kerja, Stres Kerja, Iklim Organisasi

  1. S2-2024-453050-abstract.pdf  
  2. S2-2024-453050-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-453050-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-453050-title.pdf