PENGEMBANGAN DASHBOARD PASIEN PADA SEBY CLINIC
Miftah Adiyaksa Luckyarno, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, PhD; Aditya Lia Ramadona, S.Si, M.Sc, PhD
2024 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
Latar Belakang: Memaksimalkan penyajian informasi dalam rekam medis elektronik dengan menggunakan dashboard dapat membantu pengambilan keputusan dokter.
Tujuan: Mengembangkan prototype dashboard pasien pada rekam medis elektronik Seby Clinic untuk membantu pengambilan keputusan dokter.
Metode: Penelitian kualitatif dengan desain action research dilakukan di Seby Clinic cabang Cirebon pada April – November 2023. Pengambilan data primer melalui wawancara mendalam dilakukan pada 9 orang dalam empat tahapan action research yaitu diagnosing, planning, action, evaluation.
Hasil : Prototype dashboard pasien dikembangkan untuk dapat melihat progress pasien melalui foto, riwayat pembelian, rekam medis dan penanda perilaku pasien. Desain prototype dashboard pasien sudah disesuaikan dengan brand identitySeby Clinic. Berdasarkan hasil kuesioner SUS dan wawancara, prototype dashboard pasien yang dikembangkan di Seby Clinic dinilai sudah memenuhi kebutuhan pengguna dan berguna untuk membantu dokter dalam pengambilan keputusan.
Kesimpulan : Penerimaan pengguna pada Seby Clinic terhadap prototype dashboard pasien dapat dikatakan sangat baik, ditandai hasil evaluasi menggunakan SUS yang masuk dalam kategori acceptable dan rating excellent dan juga prototype dashboard pasien dapat digunakan untuk membantu dokter dalam pengambilan keputusan.
Background: Maximizing the presentation of information in electronic medical records using dashboards can help doctors' decision-making.
Objective: Develop a prototype patient dashboard for the Seby Clinic electronic medical record to help doctors' decision-making.
Method: Qualitative research with an action research design was conducted at the Seby Clinic Cirebon branch in April - November 2023. Primary data was collected through in-depth interviews with 9 people in four stages of action research, diagnosing, planning, action, and evaluation.
Results: A patient dashboard prototype was developed to see patient progress through photos, purchase history, medical records, and patient behavior markers. The patient dashboard prototype design has been adjusted to Seby Clinic's brand identity. Based on the results of the SUS questionnaire and interviews, the patient dashboard prototype developed at Seby Clinic was deemed to have met user needs. It was useful for assisting doctors in decision-making.
Conclusion: User acceptance at Seby Clinic of the patient dashboard prototype can be said to be very good, marked by the evaluation results using SUS which are in the acceptable and excellent rating categories, the patient dashboard prototype can be used to assist doctors in making decisions.
Kata Kunci : Dashboard Pasien, Klinik Kecantikan