Laporkan Masalah

Assessing Market Opportunity of Cloud Kitchen Business for F&B MSMEs in DKI Jakarta

Febtitania Dwi Mustika, Hargo Utomo, Dr., M.B.A.,

2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Salah satu permasalahan krusial yang dihadapi UMKM F&B adalah rendahnya tingkat keberlanjutan bisnis. UMKM wajib menyusun strategi untuk menjamin keberlanjutan bisnisnya di pasar. Mereka harus mampu beradaptasi dengan era saat ini dengan perkembangan teknologi yang pesat. Salah satu pendekatan yang potensial adalah dengan mengadopsi teknologi, seperti cloud kitchen.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah UMKM F&B tertarik mengadopsi konsep cloud kitchen, mengklasifikasikan kategori UMKM F&B mana yang bersedia mengadopsi konsep cloud kitchen dan mengukur potensi pasar cloud kitchen pada sektor UMKM F&B di DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, dimana data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan, diolah, diinterpretasikan, dan dianalisis untuk menjawab permasalahan penelitian ini.

 

Hasil penelitian terdapat peluang bisnis cloud kitchen pada sektor UMKM F&B karena 59 dari 100 UMKM F&B tertarik dengan konsep cloud kitchen khususnya yang pada kategori bisnis makanan rumahan dan kategori penjual makanan kemasan. Sementara itu, terdapat 44 UMKM F&B yang bersedia menggunakan cloud kitchen dalam usahanya, khususnya pada kategori bisnis makanan rumahan dan restoran/kafe.

One of F&B MSMEs’ crucial problems is having a low level of sustainability. MSMEs are required to develop strategies to ensure their sustainability in the market. They must be able to adapt to the current era with rapid technological developments. One potential approach is by adopting technology, such as cloud kitchen.

 

This study aims to identify whether F&B MSMEs are interested in adopting the cloud kitchen concept, to classify which categories of F&B MSMEs are willing to adopt the cloud kitchen concept and to measure the potential market of cloud kitchen in the F&B MSMEs sector in DKI Jakarta. This study was an analytic descriptive, where the quantitative and qualitative data were collected, processed, interpreted, and analyzed to answer the problems of this research.

 

The result of the research is that there is an opportunity for the cloud kitchen business in the F&B MSMEs sector as 59 out of 100 F&B MSMEs are interested in the cloud kitchen concept, specifically those which run the business in the home-based food business and packaged-food seller category.  Meanwhile, there are 44 F&B MSMEs that are willing to use the cloud kitchen in their business, specifically in the home-based food business and restaurant/café category.

Kata Kunci : Cloud Kitchen, F&B MSMEs, Opportunity, Assessing

  1. S2-2024-471126-abstract.pdf  
  2. S2-2024-471126-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-471126-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-471126-title.pdf