Analisis Earnings Management terhadap kinerja pada perusahaan yang melakukan Seasoned Equity Offering
FIDYATI, Nisa, Prof.Dr. Mas'ud Machfoedz, MBA
2004 | Tesis | S2 AkuntansiSalah satu cara untuk memperoleh dana pada pemsahaan go public adalah dengan kembali menerbitkan saham baru. Penerbitan saham tambahan diluar saham yang telah dijual dimasyarakat yang ditawarkan melalui seasoned equity offering (SEO). Penjualan seasoned securities dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain right issue, second offering, third offering dan seterusnya. Berbagai bukti empiris dari pasar modal luar negeri menemukan bahwa asimetri informasi antara manajer dan investor juga terjadi pada perusahaan SEO. Kondisi ini memberi kesempatan dan memotivasi manaj er untuk melakukan earnings management Penelitian bertujuan untuk menganalisis bahwa pemsahaan melakukan earnings management pada periode SEO dengan membuktikan secara empiris bahwa earnings management yang dilakukan pada periode SEO mempunyai hubungan negatif dengan kinerja operasi dan return saham pada periode sesudah SEO Sebelum melakukan pengujian terhadap hipotesis yang diajukan, penulis melakukan uji normalitas dan uji asumsi klasik persamaan regresi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data yang digunakan adalah berdistribusi normal dan lolos uji asumsi klasik multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan dua model regresi linier. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6O perusahaan yang melakukan SEO selama aperiode 1996-2000. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama,terdapat hubungan negatif antara earnings management yang dilakukan pada periode sebelum SEO dengan kinerja operasi pada periode sesudah SEO. Kedua, terdapat hubungan negatif antara earnings management yang dilakukan pada periode sebelum SEO dengan return saham pada periode sesudah SEO. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan akan akan mengalami penurunan sesudah SEO yang disebabkan earnings management.
One of the ways to gain fund in go public firm is by republishing new stock. The publication of additional stock, besides the stock sold in the public, which is offered through seasoned equity offering (SEO). Seasoned securities selling can be done using many ways, which are right issue, second offering, third offering, etc. Various empirical evidences from foreign market find out that the asymmetry of information between manager and investor also happens in SEO firm. This condition gives opportunity and motivates manager to do earnings management. The research aims to analyze that firms do earnings management in SEO period by proving empirically that earnings management which is done in SEO period has a negative correlation with operation performance and stock return in the period after SEO. Before doing the test toward proposed hypothesis, the researcher did normality test and regression equity classic assumption test. The test result shows that the data used is normal distributed and success in classic assumption test of multicolinearity, autocorrelation, and hetoskedasticity. Hypothesis test is done using two linear regression models. The samples used in this research are 60 firms that do SEO during 1996-2000 periods. This research result finds that: first, there is a positive correlation between earnings management done before SEO period and the operation performance after SEO period. Second, there is a negative correlation between earnings management done before SEO period and stock return after SEO period. These show that the f1rm’s performance decrease after SEO and it is because of earnings management.
Kata Kunci : Kinerja Perusahaan,Earnings Management,Seasoned Equity Offering, Seasoned equity offering, Earnings management, Operation performance, and Stock return