Laporkan Masalah

Humor dalam Punchlines.ai Ditinjau dari Filsafat Bahasa

Alfian Fawzi, Dr. Rizal Mustansyir, M.Hum; Dr. Septiana Dwiputri Maharani, M.Hum

2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Berbahasa merupakan tindakan manusia yang membedakan dirinya dari yang lain sebab adanya makna yang dikomunikasikan secara verbal tidak terdapat pada hewan maupun tumbuhan. Dewasa ini terdapat kecerdasan buatan dalam bentuk program percakapan interaktif yang canggih sehingga dapat memberikan respons alamiah selayaknya manusia. Program tersebut bernama punchlines.ai dan ia dibekali kecerdasan buatan untuk tidak hanya dapat memahami bahasa percakapan melainkan sekaligus membuat humor dengan konteks yang telah diberikan.

Penelitian ini merupakan penelitian analitis kualitatif dengan situs punchlines.ai sebagai sumber primernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek humor dalam kalimat yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dengan menggunakan pendekatan filsafat bahasa. Fokus utama penelitian adalah untuk memahami bagaimana ia dapat memanipulasi elemen-elemen bahasa untuk menciptakan efek humor. Penelitian ini menggabungkan analisis teks dan konsep dari teori filsafat bahasa untuk mengungkapkan esensi dan struktur humor dalam kalimat komedi yang dibuat olehnya.

Melalui analisis filsafat bahasa, ditemukan kalimat komedi yang dibuat melalui punchlines.ai mengandung unsur-unsur humor seperti ketakterdugaan, permainan kata, dan pemanfaatan stimulus untuk membangkitkan gelak tawa.

Language is a human action that distinguishes itself from others because of the meaning that is communicated verbally, not found in animals or plants. Nowadays, there is artificial intelligence in the form of sophisticated interactive conversation programs that can provide natural responses like humans. The program is called punchlines.ai and it is equipped with artificial intelligence to not only understand conversational language but also create humor with the context that has been given.

This study is a qualitative analytical research with punchlines.ai website as the primary source. This research aims to examine the humor aspect in sentences produced by artificial intelligence using a philosophy of language approach. The main focus of the research is to understand how it can manipulate elements of language to create humorous effects. The research combines text analysis and concepts from the philosophy of language theory to reveal the essence and structure of humor in the comedic sentences generated by it.

Through analysis of the philosophy of language, it was found that comedy sentences created through punchlines.ai contain elements of humor such as unexpectedness, word play, and the use of stimuli to generate laughter.

Kata Kunci : humor, filsafat bahasa, kecerdasan buatan

  1. S1-2024-397348-abstract.pdf  
  2. S1-2024-397348-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-397348-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-397348-title.pdf