Laporkan Masalah

Efektivitas Hypnotic Guided Imagery untuk Meningkatkan Harga Diri pada Siswa SMA dengan Lambat Belajar

Yolanda Frelynsischa Yulius, Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog

2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Harga diri merupakan salah satu konstruk penting dalam kehidupan individu untuk menentukan kesuksesan. Meskipun begitu, kegagalan yang dihadapi individu menjadi salah satu penyebab individu memiliki harga diri yang relatif lebih rendah. Hal ini sangat berkaitan erat dengan siswa SMA kategori lambat belajar yang harus menghadapi banyak kegagalan akademik dalam waktu yang panjang. Pada tahun 2012 tercatat terdapat 14,1% siswa yang memiliki kondisi lambat belajar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas terapi Hypnotic Guided Imagery (HGI) dalam meningkatkan harga diri pada siswa lambat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HGI tidak berpengaruh pada harga diri siswa dengan lambat belajar. Main effect baik dari segi sesi maupun kelompok tidak menunjukkan pengaruh atau menunjukkan perbedaan yang signifikan (p > 0,05).

Self-esteem is an important construct in an individual's life to determine success. Even so, the failures faced by individuals are one of the causes of individuals having relatively lower self-esteem. This is closely related to high school students who are slow learners who have to face many failures over a long period of time in their academics. In 2012, it was recorded that 14.1% of students were slow learners in Indonesia. This research aims to test the effectiveness of hypnotic guided imagery therapy as a solution in increasing self-esteem in slow learner students. The research results showed that HGI had no effect on self-esteem in slow learner students with the main effect both in terms of session and group not having an influence or showing a significant difference (p > 0.05). 

Kata Kunci : slow learner, self esteem, hypnotic guided imagery

  1. S2-2024-483938-abstract.pdf  
  2. S2-2024-483938-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-483938-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-483938-title.pdf