Efektivitas Hypnotic Guided Imagery untuk Meningkatkan Harga Diri pada Siswa SMA dengan Lambat Belajar
Yolanda Frelynsischa Yulius, Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog
2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi
Harga diri merupakan salah satu konstruk penting dalam kehidupan individu untuk menentukan kesuksesan. Meskipun begitu, kegagalan yang dihadapi individu menjadi salah satu penyebab individu memiliki harga diri yang relatif lebih rendah. Hal ini sangat berkaitan erat dengan siswa SMA kategori lambat belajar yang harus menghadapi banyak kegagalan akademik dalam waktu yang panjang. Pada tahun 2012 tercatat terdapat 14,1% siswa yang memiliki kondisi lambat belajar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas terapi Hypnotic Guided Imagery (HGI) dalam meningkatkan harga diri pada siswa lambat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HGI tidak berpengaruh pada harga diri siswa dengan lambat belajar. Main effect baik dari segi sesi maupun kelompok tidak menunjukkan pengaruh atau menunjukkan perbedaan yang signifikan (p > 0,05).
Self-esteem is an important construct in an
individual's life to determine success. Even so, the failures faced by
individuals are one of the causes of individuals having relatively lower
self-esteem. This is closely related to high school students who are slow
learners who have to face many failures over a long period of time in their
academics. In 2012, it was recorded that 14.1% of students were slow learners
in Indonesia. This research aims to test the effectiveness of hypnotic guided
imagery therapy as a solution in increasing self-esteem in slow learner
students. The research results showed that HGI had no effect on self-esteem in
slow learner students with the main effect both in terms of session and group
not having an influence or showing a significant difference (p > 0.05).
Kata Kunci : slow learner, self esteem, hypnotic guided imagery