Analisis Penerimaan Teknologi Sistem Pembayaran Seluler Terintergasi Berbasis QR Code
Rahardianto Tripradipta, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D; M. Rizka Fahmi Amrozi, S.T., M.Sc., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 Mag. S. & T.Transportasi
Penelitian ini menyelidiki
persepsi penumpang mengenai penerapan sistem pembayaran seluler Quick-response
Code kereta api yang terintegrasi. Persepsi mereka terhadap teknologi
sangat penting untuk menentukan faktor-faktor utama yang mempengaruhi
penerimaan teknologi di sektor integrasi tarif transportasi. Lokasi penelitian
berada di Jakarta (aplikasi Jaklingko) dan Inggris (aplikasi Trainline).
Diharapkan dengan memahami faktor-faktor tersebut, upaya yang tepat dapat
membantu penumpang menjadi puas terhadap layanan kereta api dan beralih dari
kendaraan pribadi ke angkutan umum.
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model penerimaan teknologi. Model digunakan untuk
mengidentifikasi variabel konstruk dan indikator yang dihipotesiskan
mempengaruhi penerimaan. Ketergantungan model kemudian dievaluasi menggunakan
metode kuadrat terkecil parsial – pemodelan persamaan struktural. Setelah model
dievaluasi keandalannya, model tersebut diuji hipotesisnya untuk menentukan
faktor-faktor yang dapat meningkatkan penerimaan penumpang terhadap aplikasi
tersebut.
Analisis menunjukkan bahwa
faktor yang mempengaruhi model penerimaan teknologi pada aplikasi sistem
pembayaran seluler Quick-response Code kereta api yang tertintegrasi dipengaruhi
oleh efikasi diri, keinformatifan, kemampuan untuk menunjukkan hasil, norma
subjektif, dan risiko yang dirasakan. Temuan penelitian ini juga menunjukkan
bahwa kebijakan untuk meningkatkan penerimaan aplikasi dapat berupa intervensi
perilaku perjalanan, mendistribusikan informasi, menginstruksikan operator
transportasi untuk melakukan iklan teknologi yang ditargetkan dan mematuhi
standar keamanan jaringan dapat meningkatkan penerimaan teknologi. Hasil ini
mendukung penelitian sebelumnya mengenai konsep inti model penerimaan teknologi
namun juga menemukan perbedaan dengan beberapa penelitian sebelumnya yaitu
persepsi risiko tidak mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan karena
kekhawatiran yang paling signifikan dari pengguna telekomunikasi seluler adalah
kegagalan transaksi. Selain itu, perbedaan indikator antara kedua model aplikasi
menunjukkan bahwa setiap penerapan teknologi bersifat unik dan mungkin terdapat
perbedaan dalam indikator yang mewakili variabel konstruk model.
This research investigates
passengers' perceptions regarding the implementation of integrated railway
Quick-response Code mobile payment systems. Their
perception of the technology is crucial for determining the main factors that
influence technology acceptance in transport tariff integration sector. The
research locations are in Jakarta (Jaklingko application) and United Kingdom
(Trainline application). It is hoped that by understanding these factors,
suitable efforts can assist passengers in becoming satisfied with railway
services and shifting away from private vehicles to public transportation.
The method used in this research
was the technology acceptance model. The model was used to identify the
construct and indicator variables hypothesised to influence acceptance. The
model's dependability was then evaluated using the partial least squares –
structural equation modelling method. After the
model had been evaluated for dependability, it was tested on the determined
hypothesis to determine factors that could increase passenger acceptance of the
application.
The analysis revealed that the
technology acceptance model extension factors which influent the model were
self-efficacy, informativeness, result demonstrability, subjective norms and
perceived risk. This study's findings also suggest that policies implement
travel behaviour interventions, distribute information, instructing
transportation operators to conduct targeted advertisement technology and
comply with network security standards can increase technology acceptance.
These results support previous research concerning the core concept of
technology acceptance model but also found differences with several previous
studies, namely that perceived risk does not influence perceived ease of use
because the most significant concern of mobile telecommunication users is
failure transactions. Moreover, the indicator difference between the two
application models demonstrates that each technology implementation is unique
and that there may be disparities in the indicators representing the model's
construct variables.
Kata Kunci : Integrasi Tarif, Model Penerimaan Teknologi, QR Code, Pembayaran Seluler