Laporkan Masalah

Analisis Strategic Alignment PT. Bank Raya Indonesia (BANK RAYA) Dalam Melakukan Transformasi Digital

Dewi Andjarsari, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Penelitian ini membahas analisis strategic alignment dalam konteks transformasi digital Bank Raya. Transformasi digital telah menjadi suatu keharusan dalam industri perbankan, karena perkembangan teknologi yang pesat dan perubahan perilaku konsumen yang semakin kompleks. 

Studi ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk laporan internal Bank Raya, wawancara dengan pemangku kepentingan utama, dan literatur terkait. Tools analisis yang digunakan adalah Kerangka Transformasi Digital dan Strategic Allignment Model dari Venkantraman.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keselarasan strategi bisnis dan IT, strategi organisasi IT infrastructure dan proses yang dijalankan sehingga dapat memenuhi aspirasi menjadi The Best Digital Bank by Becoming House of Fintech & Home for Gig Economy.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank telah mengambil langkah-langkah signifikan dalam mengadopsi teknologi digital, termasuk pembangunan platform perbankan online, penggunaan kecerdasan buatan, dan inovasi produk yang berorientasi digital. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis bahwa strategi bisnis dan IT yang dijalankan, organisasi IT infrastructure dan proses yang diterapkan telah selaras dan memenuhi kebutuhan customer Bank Raya untuk memenuhi aspirasinya. 

Penelitian ini menghasilkan wawasan yang berguna untuk manajemen bank dan industri perbankan secara keseluruhan dalam menghadapi tantangan transformasi digital. Keselarasan strategis yang kuat antara strategi bisnis dan transformasi digital akan menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi era digital ini.

This research discusses strategic alignment analysis in the context of Bank Raya's digital transformation. Digital transformation has become a necessity in the banking industry, due to rapid technological developments and increasingly complex changes in consumer behavior.

This study uses a qualitative descriptive analysis method by collecting data from various sources, including Bank Raya's internal reports, interviews with key stakeholders, and related literature. The analytical tools used are the Digital Transformation Framework and Strategic Alignment Model from Venkantraman. This research aims to analyze the alignment of business and IT strategies, IT infrastructure organizational strategies and the processes implemented so that they can fulfill the aspiration to become The Best Digital Bank by Becoming House of Fintech & Home for the Gig Economy.

The research results show that banks have taken significant steps in adopting digital technology, including building online banking platforms, using artificial intelligence, and digitally oriented product innovation. This is proven from the results of the analysis that the business and IT strategies implemented, the IT infrastructure organization and the processes implemented are in harmony and meet the needs of Bank Raya customers to fulfill their aspirations.

This research produces useful insights for bank management and the banking industry as a whole in facing the challenges of digital transformation. Strong strategic alignment between business strategy and digital transformation will be the key to success in facing this digital era


Kata Kunci : digital transformation, strategic alignment, Venkantraman strategic alignment

  1. S2-2024-471104-abstract.pdf  
  2. S2-2024-471104-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-471104-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-471104-title.pdf