ANALISIS PENGARUH MOBILE SERVICE QUALITY DAN KETERIKATAN MEREK PADA GETOK TULAR POSITIF: STUDI PADA PT BIBIT TUMBUH BERSAMA
I Gede Indra Widyana, Dr. Iin Mayasari, M.M., M.Si
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Seiring
dengan berkembangnya waktu, partisipasi masyarakat Indonesia di pasar modal
Indonesia semakin besar. Tingkat literasi masyarakat Indonesia juga menunjukkan
tren yang terus membaik. Namun, realisasi tersebut masih sangat jauh dari
potensi pasar modal Indonesia khususnya untuk reksadana. Lebih dari itu, getok
tular positif memiliki peranan yang penting dalam menarik investor baru
di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi perilaku getok tular positif pada pengguna aplikasi Bibit di
Indonesia. Data
primer dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner secara daring dan
berhasil mendapatkan 218 responden yang memenuhi kriteria. Analisis dilakukan
dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Penelitian ini menemukan bahwa kebergunaan tidak
memiliki pengaruh yang signifikan pada keterikatan merek. Fitur penambah nilai tidak memiliki
pengaruh yang signifikan pada keterikatan merek. Keamanan/Privasi tidak
memiliki pengaruh yang signifikan pada keterikatan merek. Interaktivitas memiliki
pengaruh yang signifikan pada keterikatan merek. Kebergunaan memiliki
pengaruh yang signifikan pada getok tular positif. Fitur penambah nilai tidak
memiliki pengaruh yang signifikan pada getok tular positif. Keamanan/Privasi
memiliki pengaruh yang signifikan pada getok tular positif. Interaktivitas
tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada getok tular positif. Keterikatan
merek memiliki pengaruh yang signifikan pada getok tular positif.
Indonesian
capital market has shown impressive developments in recent years. Furthermore,
Indonesian capital market literacy has consistently shown improvements.
However, this development continues to pale in comparison to Indonesian capital
markets potential especially in mutual funds subscription. Additionally,
positive word of mouth seems to be a significant factor in enticing new
investors in Indonesia. This research aims to analyze factors influencing
positive word of mouth behavior among Bibit users in Indonesia. Primary data are
gathered through an online questionnaire and successfully obtained 218
respondents. Analysis is performed by utilizing SmartPLS 4. This research found
that usability does not have significant impact on brand attachment.
Value-added features do not have significant impact on brand attachment.
Security/privacy does not have significant impact on brand attachment.
Interactivity has a significant impact on brand attachment. Usability has a
significant impact on positive word of mouth. Value-added features do not have
significant impact on positive word of mouth. Security/privacy have significant
impact on positive word of mouth. Interactivity does not have significant
impact on positive word of mouth. Brand attachment has a significant impact on
positive word of mouth.
Kata Kunci : mobile service quality, kebergunaan, fitur penambah nilai, keamanan/privasi, interaktivitas, keterikatan merek, getok tular positif.