ANALISIS DIF (DIFFERENTIAL ITEM FUNCTIONING) KELOMPOK EKSAKTA DAN NONEKSAKTA PADA GMST (GADJAH MADA SCHOLASTIC TEST)
SEKAR ARUM DWISARI, Wahyu Widhiarso, S.Psi., M.A.
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeteksi butir-butir tes potensi kognitif yang terindikasi Differential Item
Functioning (DIF) berdasarkan latar belakang pendidikan (eksakta dan
noneksakta). Data yang digunakan adalah skor GMST (Gadjah Mada Scholastic Test),
yaitu salah satu tes potensi kognitif yang dikembangkan oleh UPAP (Unit
Pengembangan Alat dan Psikodiagnostika). Sampel yang dilibatkan dalam
penelitian berjumlah 1.510 calon mahasiswa IUP (International Undergraduate
Program) yang mendaftar pada jurusan eksakta (N=733) dan noneksakta (N=617).
Data dianalisis dengan menggunakan uji DIF teknik Mantel-Haenszel melalui
pendekatan IRT (Item Response Theory) atau yang juga dikenal dengan teori
respons butir. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian butir terindikasi DIF.
Ditemukan bahwa pada setiap Subtes, baik Subtes Verbal
Reasoning, Subtes Numerical Reasoning, maupun Subtes Figural
Reasoning, memiliki item terindikasi DIF yang menguntungkan kelompok
eksakta maupun noneksakta. Ditemukan juga bahwa kelompok berdasar latar belakang akademik yang
diuntungkan dalam GMST bervariasi pada setiap komponen. Implikasi dari
penelitian ini antara lain adalah untuk membantu memahami bagaimana butir tes
bisa berfungsi secara berbeda pada masing-masing kelompok.
This study aims to detect cognitive potential test
items that are infected with Differential Item Functioning (DIF) based on
educational background (STEM and non-STEM). The data used is the
GMST (Gadjah Mada Scholastic Test) score, which is one of the cognitive
potential tests developed by UPAP (Unit Pengembangan Alat dan Psikodiagnostika).
The sample involved in the research was 1.510 prospective IUP (International
Undergraduate Program) students who were enrolled in the STEM (N=733) and non-STEM
majors (N=617). Data were analyzed using the Mantel-Haenszel DIF technique
using the IRT (Item Response Theory). The analysis results showed that some of
the items were indicated with DIF. It was found that on each subtest, the
Verbal Reasoning Subtest, the Numerical Reasoning Subtest, and the Figural
Reasoning Subtest, had items indicated by DIF which benefited both the STEM and
non-STEM groups. It was also found that the groups based on academic background
who benefited in GMST varied in each component. The implications of this
research include helping to understand how test items can function differently
in each group.
Kata Kunci : Keberfungsian Butir Diferensial, Eksakta dan Noneksakta, Tes Potensi, Differential Item Functioning, STEM and Non-STEM, potential test